Dampak Minum Kopi

Ilustrasi (pixabay).

Assalamualaikum Dok.

Saya mau konsultasi, usia saya 53 tahun, tekanan darah stabil 118/95. Kenapa ya dok kalau setelah minum kopi tangan sebelah kiri saya suka terasa sakit mulai dari pangkal sampai jari-jari, bahkan dada sebelah kiri juga sakit. (+62 823-1090-xxxx)

Seperti yang diketahui kopi mengandung senyawa yang bernama kafein (1,3,5 Trimethilxantin), di mana kandungan ini bekerja dengan menstimulasi kinerja otak supaya tubuh tetap terasa segar. Kandungan ini mencegah kinerja salah satu hormon di otak yang memiliki fungsi dalam mengatur proses tidur dan menekan sistem kerja saraf di tubuh. Oleh karena itu, orang-orang yang mengkonsumsi kafein ini akan merasa lelahnya berkurang serta tetap segar karena pada dosis tertentu (misalkan 50 mg) dapat berefek merelaksasi otot.

Selain itu kafein bekerja dengan menstimulasi kinerja jantung, sehingga salah satu dampak yang ditimbulkan dari konsumsi kafein adalah naiknya degupan jantung dan tekanan darah. Selain itu, kafein bekerja pula terhadap peningkatan produksi urine (meningkatkan BAK).

Kafein ini tidak dapat dikonsumsi secara berlebihan, maksimal 5 gelas sehari, atau tergantung sensitivitas individu terhadap kafein. Konsumsi kafein lebih dari dosis yang dianjurkan akan menyebabkan banyak dampak untuk tubuh, di antaranya, naiknya tekanan darah, ketidakteraturan irama jantung, badan gemetar (tremor), rasa terbakar pada area dada yang terkadang menyebabkan nyeri (heartburn), mual, dan muntah.

Oleh karena itu, sangatlah penting untuk memperhatikan jumlah kandungan kafein dari kopi yang Anda konsumsi.

Gejala nyeri pada dada sebelah kiri Anda, setelah Anda mengkonsumsi kopi mungkin merupakan indikasi dari terjadinya heartburn ini. Kemungkinan lainnya adalah akibat dari meningkatnya tekanan darah atau ketidakteraturan irama jantung. Akan tetapi, untuk mengetahui lebih jelas dari dua kemungkinan terakhir tadi, Anda harus melakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan menggunakan peralatan penunjang pemeriksaan, seperti alat pengukur tekanan darah dan EKG (perekaman kelistrikan jantung) tentu pemeriksaan ini dikerjakan di bawah pengawasan dokter.

Sementara itu, gejala nyeri yang Anda rasakan pada tangan mungkin terjadi bukan dikarenakan kandungan yang berada dalam kopi. Sejauh ini, belum ada penelitian yang menyatakan dengan pasti bahwa terdapat hubungan antara konsumsi kopi dengan rasa nyeri pada tangan. Untuk mengetahui lebih jelas apa yang menyebabkan keluhan itu terjadi. Anda dapat menghubungi dokter yang Anda percaya untuk mengetahui lebih lanjut terkait kondisi pada tangan Anda.

Sebagai saran, perhatikan dengan baik jumlah kafein yang Anda konsumsi setiap harinya, dan pastikan Anda melakukan konsultasi dengan dokter terkait kebiasaan Anda mengonsumsi kopi apabila Anda memiliki penyakit jantung. *

dr. Rukman Abdullah,  M.Pd.Ked, Anggota IDI & dosen Untirta