Kepala Biro Kesra Provinsi Banten Irfan Santoso

SERANG – Tahun ini Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) nendapatkan suntikan dana meningkat dari anggaran tahun sebelumnya dari Pemerintah Provinsi Banten. Menurut Kepala Biro Kesra Provinsi Banten Irfan Santoso, anggaran LPTQ tahun 2016 sebesar Rp 17 miliar.

“Tahun ini anggarannya (untuk LPTQ) sebesar Rp. 17 miliar, tahun sebelumnya Rp 9 miliar, peningkatannya cukup banyak,” papar Irfan, Selasa (18/1/2016).

Irfan menambahkan, uang tersebut dialokasikan untuk pembinaan-pembinaan tilawatil quran, gelaran event tilawatil quran, dan untuk keperluan lainnya. “Sekarang pengurus harian sedang merapatkan, biasanya untuk MTQ tingkat Provinsi dan mengikuti event nasional,” ujar Irfan.

Menurut Irfan, Pemprov telah meminta kabupaten kota untuk melaksanakan segera MTQ tingkat kabupaten/kota, sebelum tingkat provinsi dimulai pada 7 sampai 11 April 2016 di Kota Serang. “Jika event daerah sudah dilaksanakan, pembinaan bisa diintensifkan. Tingkat nasional sekitar Agustus di Nusa Tenggara Barat. Event daerah dipercepat karena perhitungan, masa pembinaan kepotong dengan puasa,” pungkasnya. (Bayu)