Dana CSR ‘Nyasar’, Sekdes Anyer Geram dengan LSM

0
511
Chandra Asri
Manajer CSR PT Chandra Asri Petrochemical Tbk, Abraham Sinatrawan,

CILEGON – Corporate Social Responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan merupakan kewajiban sebagai bentuk kepedulian perusahaan terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar. Namun sejauh ini, dana CSR sering ‘nyasar‘ dan dimanfaatkan oknum LSM.

Hal itu dikatakan Apria Firdaus, Sekretaris Desa Anyer, Kabupaten Serang saat menyampaikan keluhannya pada acara sosialisasi Community Awareness yang digelar PT Chandra Asri Petrochemical di Hotel Horison, Kota Cilegon, Rabu (16/3/2016) yang dihadiri pihak kepolisian, instansi pemerintah dan sejumlah tokoh masyarakat.

“Selama ini, dana CSR perusahaan sering ‘nyasar‘ dan tidak tepat penyalurannya pada masyarakat. Padahal dana tersebut seharusnya dapat dimanfaatkan buat pembangunan desa. Tapi ia menyayangkan perusahaan atau industri di Anyer belum maksimal dalam menyalurkan anggaran CSR,” ujarnya.

Semestinya, lanjut Apria, pihak perusahaan agar lebih selektif dalam memilih LSM atau organisasi lain yang memanfaatkan dana CSR industri di Anyer. “Kami minta dalam forum ini, pihak perusahaan terutama PT Chandra Asri agar lebih selektif dalam penyaluran CSR pada masyarakat,” pungkasnya.

Sementara itu, Manajer CSR PT Chandra Asri Petrochemical, Abraham Sinatrawan mengaku sejauh ini sudah memaksimalkan dana CSR perusahaan namun tidak menampik jika CSR yang perusahaan berikan belum tepat sasaran.

“Selama ini kami punya tim verifikasi yang bertugas dalam menyeleksi organisasi atau LSM yang minta CSR. Dan kita selalu pantau kinerja organisasi tersebut dalam menggunakan CSR. Tujuannya agar lebih efektif dan koordinatif,” ujarnya.

Abraham menambahkan, perusahaan akan mengevaluasi lagi terkait dana CSR yang belum tepat sasaran. “Kami akan perbaiki kinerja kami dalam penyaluran CSR. Sehingga keberadaan kami dapat berkontribusi lebih pada masyarakat dan terjalin komunikasi yang baik,” ucapnya. (Ade Faturohman)