Dana Zakat Karyawan PT Indonesia Power untuk Bantu Warga

Deputy General Manager Bidang Umum PT Indonesia Power UP Suralaya Sudjilan (kiri) menyerahkan bantuan bedah rumah kepada warga Mancak, Senin (23/4).

CILEGON – Karyawan PT Indonesia Power (IP) Unit Pembangkitan (UP) Suralaya bergotong royong untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. Bantuan yang diberikan bermacam-macam, bergantung pada kondisi yang dialami masyarakat.

Deputy General Manager Bidang Umum PT IP Unit Pembangkitan Suralaya Sudjilan menjelaskan, gotong royong dilakukan oleh para karyawan melalui pemotongan zakat sebesar 2,5 persen setiap bulannya. “Dana yang dihimpun dari para karyawan itu dikumpulkan di LAZ (Lembaga Amil Zakat) An-Nahl. Potongan gaji itu merupakan zakat, infak, dan sedekah seluruh karyawan IP Unit Pembangkitan Suralaya,” kata Sudjilan pada penyerahan bantuan di Mancak, Senin (23/4).

Sudjilan menjelaskan, sebagai perusahaan negara, IP harus ikut bertanggung jawab terhadap lingkungan sekitar. “Potongan gaji ini diharapkan bisa membantu saudara-saudara di sekitar kami sehingga bisa merasakan dampak dari program IP,” ujarnya.

Program tersebut dinilai sebagai pendorong bagi manajemen dan jajaran karyawan IP untuk tetap bisa menjalankan bisnis dan berperan bagi lingkungan sosial. “Beberapa waktu yang lalu kami ada kekurangan pasokan listrik. Dengan adanya program ini, sebagai tolak bala atau sebagai pendorong kami supaya kami juga didoakan oleh masyarakat sehingga perusahaan kami tetap eksis,” tuturnya.

Terkait tenaga pengelola dana potongan itu, menurut Sudjilan, LAZ An-Nahl mengalami keterbatasan. Untuk itu, Sudjilan berharap, ada peran serta masyarakat agar dana yang dihimpun itu bisa tersalurkan dengan baik kepada yang berhak.

Peran serta itu, menurutnya, bisa dengan memberikan informasi masyarakat yang ada di Provinsi Banten yang sedang membutuhkan bantuan, baik itu renovasi rumah maupun bantuan lainnya. “Jika ada permohonan atau informasi, dari tim pengurus akan mengevaluasi. Kalau memang sangat dibutuhkan, kami akan segera membantu,” ujarnya.

Sebagai salah satu wujud dari hasil gotong royong jajaran karyawan itu, kemarin dilakukan penyerahan kunci rumah untuk salah satu warga Kampung Cibaranang, Desa Sangiang, Kecamatan Mancak, Kabupaten Serang. Bantuan renovasi diberikan oleh PT IP karena rumah milik warga yang bernama Yusuf itu hancur disapu angin ribut beberapa waktu lalu sehingga tidak memiliki rumah sama sekali.

Tak hanya itu, kemarin, Sudjilan beserta jajaran manajemen seperti Manajer SDM dan Humas Nurmawan, dan Manajer Pengadaan Barang dan Jasa Bambang Suprianto menyerahkan sejumlah uang senilai puluhan juta rupiah untuk merenovasi rumah Jeminah, warga Lingkungan Kedungbaya, Kelurahan Kalitimbang, Kecamatan Cibeber. Selain bantuan rumah, pada hari yang sama PT IP pun memberikan bantuan sepasang kaki palsu untuk Musa, warga Kubanglesung, Kelurahan Tamanbaru, Kecamatan Citangkil. “Kami ingin bermanfaat bagi masyarakat,” ujar Sudjilan. (Bayu Mulyana/RBG)