Dandim 0602/Serang Ajak Wartawan Perangi Informasi Hoax

Letkol Inf Oki A Adiwirya (tengah).

SERANG – Komandan Distrik Militer (Dandim) 0602/Serang Letkol Inf Oki A Adiwirya mengajak para wartawan media cetak, elektronik dan online se-Provinsi Banten untuk memerangi informasi hoax atau berita bohong yang beredar di masyarakat. Hal itu penting dilakukan, karena para insan pers mempunyai peran dalam menginformasikan beragam berita pada masyarakat.

“Kami sengaja mengumpulkan para wartawan di sini, agar bisa lebih dekat saja dengan para insan pers. Dan kita juga mengajak para wartawan agar lebih terlibat terkait persoalan yang berkaitan dengan sosial kemasyarakatan, terutama soal informasi hoax ini yang sering dan masih membuat resah di masyarakat,” ujarnya di hadapan para wartawan pada acara coffee morning di Makodim 0602/Serang, Rabu (8/3).

Oki mengatakan, saat ini informasi hoax masih sulit dibendung, sebab masyarakat bebas saja  menyebarkan informasi melalui media sosial. Hal ini lah yang dapat memicu perpecahan di masyarakat. Untuk itu, Oki mengajak para wartawan untuk bersama-sama menguatkan peran masing-masing media agar dapat menyaring beragam informasi dari masyarakat.

“Kita sama-sama harus komitmen menjaga kejelasan informasi yang beredar di masyarakat. Sebab peran pers ini sangat penting keberadaannya. Sehingga media menjadi corong dengan menjalankan profesionalnya dalam me-recheck lagi opini-opini yang berkembang di masyarakat,” harapnya. (Ade F)