Danrem: Santri Harus Gali Potensi

SERANG – Santri dituntut untuk dapat menggali potensi diri dan tekun mempelajari agama. Sebab mereka adalah calon pemimpin masa depan yang diharapkan mampu tampil di muka.

Demikian diungkapkan Komandan Resor Militer (Danrem) 064/Maulana Yusuf Serang Kolonel Inf Windiyatno saat membuka Festival Pesantren Tahun 2020 di Masjid Agung Ats-Tsauroh, Kota Serang, Minggu (23/2).

Kolonel Inf Windiyatno

Danrem mengatakan, Festival Pesantren merupakan bentuk sinergitas TNI bersama ulama, santri, dan pesantren. Sinergi ini membawa persatuan dan keteduhan. Danrem juga berharap  santri menggali potensi diri secara tepat. “Mereka (santri-red) akan mengalami masa transisi dan kelak akan menjadi pemimpin dua puluh atau tiga puluh tahun yang akan datang, sehingga harus dipersiapkan dari sekarang,” ujarnya.

Kegiatan yang digelar dalam festival ini  antara lain jalan santri sarungan, lomba baca kitab, lomba salawat, pentas seni santri, pameran dan bazar produk pesantren, tabligh akbar oleh Habib Geys Bin Abdurrahman Assegaf dari Jakarta, dan diakhiri dengan penggalangan dana untuk korban banjir bandang di Kabupaten Lebak.

Festival Pesantren akan digelar secara rutin setiap tahun karena banyak nilai positif yang didapatkan santri. “Festival Pesantren akan diestafetkan tahun berikutnya karena syiar agama yang sangat unik dan masyarakat Banten mensupport acara ini,” ujarnya.

DI tempat yang sama, Ketua Presidium Forum Silaturahmi Pondok Pesantren (FSPP) Banten KH Sulaiman Efendi mengatakan, ada tiga manfaat kegiatan itu yakni  silaturahmi, kompetisi yang sehat antarsantri untuk meningkatkan kemampuan, dan menjaga persatuan antarsesama anak bangsa. “Acara ini menyatukan kita semua dalam rangka menggalang kesatuan menjaga NKRI yang sangat kita cintai,” ucapnya.

Festival Pesantren melibatkan pondok pesantren di Banten. Meskipun, yang terlibat secara aktif sekitar 50 pesantren, KH Sulaiman berharap, kegiatan ini  dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para santri. “Acara yang dimotori Korem 064/MY ini merupakan gebrakan yang luar biasa, kami memberikan penghargaan setinggi-tingginya. Saya mengharapkan tahun depan kita adakan acara dengan lebih meriah lagi, karena ini bagian dari syiar agama,” pungkasnya. (fdr/alt/ags)