Dari Tingkat Desa ke Kabupaten

0
269 views

KRAGILAN – Penataan lingkungan RW 04, khususnya RT 08, di Kampung Krawen, Desa Dukuh, Kecamatan Kragilan, tinggal dilanjutkan. Sebelumnya, perkampungan ini mengikuti lomba kebersihan dan keamanan RT tingkat desa.

“Yang sudah kami lakukan di antaranya pemagaran, pembangunan gapura, pos ronda, dan pengecatan paving block. Itu belum selesai,” kata Ketua RT 08 Ramli.

Untuk menghadapi Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020, menurut Ramli, pemagaran dan penataan gapura masih akan dilanjutkan. Peralatan keamanan di pos ronda juga akan dilengkapi.

“Pos ronda kami baru selesai dibangun. Awalnya memang pihak desa menggelar lomba bersih dan aman tingkat desa, ketika penilaian, pos ronda belum selesai, jadi kami kalah di tingkat desa. Tetapi kalau LKBA kan semua RW, jadi penataan kami masih bisa dilanjutkan untuk tingkat kabupaten,” jelas Ramli.

Warga akan melanjutkan kegiatannya pada hari libur kerja, Sabtu atau Minggu. Sebab, ujar Ramli, mayoritas warganya bekerja di pabrik.

Pada hari kerja, lanjut Ramli, kegiatan penataan kampung tetap dilakukan beberapa warganya. ”Kalau hari kerja, biasanya sore atau yang enggak kerja aja. Kalau hari Sabtu dan Minggu, baru semua turun bergotong royong,” jelasnya.

Ali Zainal Abidin, Kepala Desa Dukuh, mengapresiasi antusiasme warga Kampung Krawen karena bisa mengubah kampungnya menjadi lebih baik.

“Kampung itu awalnya agak sulit karena aktivitas warganya. Tetapi waktu kami adakan lomba antar-RT, mereka bisa menunjukkan kekompakannya dan menata kampungnya menjadi jauh lebih baik. Saya senang,” ujar Ali. (rio/don)