Komisioner KPU Banten Syaiful Bahri saat menunjukkan data Silon yang di-upload bakal calon perseorangan.

 

SERANG – Pendaftaran bakal calon perseorangan pasangan Yayan-Ratu Enong belum diterima oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banten apabila data kartu tanda penduduk (KTP) belum memenuhi batas minimal persyaratan dukungan. Data ini disampaikan melalui sistem informasi online (silon).

“Sesuai PKPU No 5 Tahun 2016 tentang pencalonan bahwa calon independen harus menyerahkan dukungan sebanyak 601.805 KTP, yang sebelumnya memasukkan data KTP melalui silon yang sudah disiapkan,” ungkap Komisioner KPU Banten Pokja Verifikasi Dukungan Syaiful Bahri di KPU Banten, Sabtu (6/8) sore.

Syaiful mengatakan, sesuai data silon KPU Provinsi Banten, jumlah KTP yang diupload 227.690, masih dalam proses dan belum bisa dinyatakan lolos atau terdaftar sebagai bakal calon jalur independen oleh KPU Banten.

“Masih ada kesempatan buat Pak Yayan karena hari terakhir besok, (Minggu-red) sampai pukul 16.00 WIB. Proses silon akan terus kita pantau oleh operator yang sudah kita siapkan. Nanti kita tunggu sampai angka mencapai 601.805 KTP,” katanya.

Yayan kepada wartawan mengakui bila data sistem online belum terpenuhi.
“Memang kami diberi satu akun dan kita melakukan itu, ternyata satu akun bisa dipegang lebih dari satu operator. Kami tetap optimis besok data silon bisa terpenuhi,” katanya. (Fauzan Dardiri)