Datang dari Luar Negeri Langsung Jalani Tes PCR

0
489 views
Penumpang pesawat yang baru tiba dari penerbangan luar negeri di Bandara Soekarno Hatta, Selasa (12/5), langsung menjalani tes Polymerase Chain Reaction (PCR) .

TANGERANG – Bandara Soekarno Hatta menerapkan protokol pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR) penanganan Covid-19 bagi para penumpang yang baru tiba dari penerbangan luar negeri.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhamad Awaludin mengatakan, keberadaan test PCR di Bandara Soekarno-Hatta dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona untuk WNI yang datang dari luar negeri. Jadi seluruh WNI yang datang langsung dilakukan pengecekan menggunakan PCR.

“Kita sudah siap hari ini (kemarin), jadi semua WNI wajib yang tiba dari luar negeri mengikuti tes PCR. Jika ada WNI yang terpapar bisa ketahuan, dan kita bisa langsung dilakukan pemeriksaan lanjutan,” ujarnya saat ditemui di Terminal 3 Bandara Soetta, Selasa (12/5).

Awaluddin menambahkan, tes PCR dirasa perlu bila dibandingkan dengan rapid test. Pasalnya, hasilnya pun akan lebih pasti bila dibandingkan hanya sekadar reaktif pada hasil rapid. Langkah PCR juga bisa langsung menentukan, langkah atau treatment apa yang akan diterima para WNI tersebut setibanya di tanah air.

“Makanya, segala persiapan kita lakukan. Kita sadari bandara ini adalah pintu gerbang negara, dari sini juga mata rantai Covid-19 harus diputus. Saya pastikan, tidak boleh mentoleransi prosedur apapun yang malah melonggarkan,”paparnya.

Awaludin menuturkan, tes PCR tersebut sejalan dengan Surat Edaran Nomor HK.02.01/MENKES/313/2020 tentang Protokol Kesehatan Penanganan Kepulangan WNI dan Kedatangan WNA dari Luar Negeri di Pintu Masuk Negara dan di Wilayah pada situasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

“WNI yang datang tidak lagi masuk ke gedung terminal, terisolasi atau tidak bercampur dengan penumpang lain untuk melakukan tes. Hal ini guna menghindari penyebaran virus corona, tes PCR ini juga mencegah penumpukan penumpang yang datang baru datang dari luar negeri,” tutupnya. (asp/rbnn)