David De Gea, Kiper dengan Gaji Termahal di Dunia

MANCHESTER – David De Gea akan memperbaharui rekornya sebagai penjaga gawang dengan gaji tertinggi di dunia. Itu setelah Manchester United menawarkan gaji 91 juta poundsterling atau setara Rp1,5 triliun dalam lima tahun.

Dengan gaji sebanyak itu, berarti de Gea akan menerima bayaran 375.000 poundsterling atau sekitar Rp6,5 miliar per pekan. Berarti, per tahun Rp318 miliar. Jumlah itu menjadikan penjaga gawang timnas Spanyol itu mendapat bayaran jauh lebih besar dari kiper mana pun di dunia.

Seperti diketahui, penjaga gawang dengan gaji tertinggi kedua adalah Manuel Neuer. Bersama raksasa Bundesliga, Jerman, Neuer menerima bayaran Rp136 miliar per tahun. Khusus di MU, De Gea menurut Metro menjadi pemain dengan bayaran tertinggi kedua.

Sejumlah laporan menyebutkan, Alexis Sanchez yang dibeli dari Arsenal bergaji 350 ribu poundsterling (Rp6 miliar) per pekan pada awal kedatangannya. Akan tetapi, pada Maret angka itu diklaim naik menjadi 500 ribu poundsterling (Rp8,6 miliar) per minggu.

Di bawah Sanchez dan De Gea yang sebelumnya hanya menerima 200 ribu poundsterling (Rp3,4 miliar) per minggu ada nama Paul Pogba, Anthony Martial, dan Romelu Lukaku. Pogba diketahui bergaji 290 ribu poundsterling (Rp5 miliar). Sementara Martial dibayar 250 ribu poundsterling (Rp4,3 miliar) dan Lukaku 200 poundsterling (Rp3,4 miliar) sepekan.

United memutuskan menaikkan gaji De Gea setelah negosiasi kontrak barunya tak membuahkan hasil selama lebih dari setahun. Dengan 12 bulan tersisa pada kontraknya, De Gea yang dibeli dari Atletico Madrid 2011 bisa pergi gratis musim depan. Makanya, MU berani memberikan gaji besar agar bisa tetap mendapatkan uang ketika De Gea hengkang.

Manajer MU, Ole Gunnar Solskjaer sudah mengonfirmasi kabar ini. Mudah-mudahan kita dapat menyetujui (kesepakatan) dengan David, seperti yang telah saya katakan beberapa kali. Saya pikir itu terserah David dan klub untuk mengumumkan jika itu terjadi, kata Solskjaer dikutip dari The Independent. (fin/ibm/ags)