Daya Cadangan Listrik Banten Surplus

TANGERANG – PLN berhasil meningkatkan rasio elektrifikasi jauh melampaui target. Bahkan dari target nasional sebesar 97,5 persen PLN telah berhasil mencapai RE sebesar 98,83 persen hingga bulan Juni 2019.

Selain prestasi gemilang tersebut, dalam peringatan Hari Listrik Nasional ke-74 pada 27 Oktober lalu, PLN telah berhasil menorehkan beberapa catatan manis, di antaranya berhasil menyabet sembilan penghargaan pada ajang Indonesia Sustainable Development Goals Award (ISDA) 2019, dua penghargaan pada ajang Human Resource (HR) Excellence Award 2019, tiga penghargaan dalam ajang ASEAN Coal Awards 2019, dan sepuluh penghargaan dalam ajang “BUMN Marketeers Awards 2019”.

General Manager PLN UID Banten Doddy B Pangaribuan dalam acara Customer Gathering PLN UID Banten bertajuk “Partnership For Excellent Services” mengatakan bahwa jajaran manajemen PLN Unit Induk Distribusi Banten ingin meningkatkan kemitraan dan kerja sama antara stakeholder dan pelanggan dengan PLN. Hal itu dilakukan sebagai peningkatan pelayanan PLN dalam mencari masukan, kebutuhan dan keinginan terdalam pelanggan agar proses bisnis mereka berjalan dengan baik dan juga produktif.

“Pertumbuhan energi listrik di Banten cukup tinggi mulai dari sektor industri, bisnis, transportasi, perumahan, pemerintahan serta sektor kepariwisataan. Banten tidak perlu khawatir akan ketersediaan pasokan listrik sebab saat ini Banten termasuk dekat sumber pembangkit listrik, banyak gardu induk yang dicover oleh delapan subsistem serta sudah interkoneksi Jawa Bali. Kondisi saat ini daya cadangan kami masih sangat mencukupi dengan surplus daya sebesar 1.459 MW atau 40 persen terhadap daya mampu Banten” ujar Doddy.

Untuk itu, Doddy menambahkan, dukungan PLN UID Banten terhadap potensi wisata yang ada di wilayah Banten sangat tinggi. “PLN sangat mendukung kawasan wisata di Banten. Salah satu program pemerintah yaitu kawasan ekonomi khusus Tanjung Lesung, program Dewa Dewi Dedi (Desa Wisata- Desa Industri- Desa Digital) dan Negeri Diatas Awan. Kami tentu berharap kawasan tersebut dapat terus berkembang ke depan,” tutupnya. (adm)