Daya Saing Daerah Diakui Belum Optimal

PANDEGLANG – Bupati Irna Narulita meminta kepada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Pandeglang agar bisa meningkatkan daya saing daerah. Tindakan itu harus dilakukan, karena hingga saat ini daya saing daerah masih rendah. 

Menurut Irna, daya saing daerah merupakan bentuk keberhasilan dalam melaksanakan konsep pembangunan di berbagai bidang, seperti infrastruktur, sosial, ekonomi, budaya, dan lainnya. “Tingkat daya saing merupakan salah satu parameter dalam konsep pembangunan berkelanjutan. Oleh karena itu, forum ini adalah kesempatan yang tepat untuk mempersiapkan pengukuran indeks daya saing daerah Kabupaten Pandeglang,” katanya di acara bimbingan teknis pengisian Indeks Daya Saing Daerah (IDSD) di aula Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Pandeglang, Kamis (7/11).

Irna mengatakan, daya saing daerah tersebut berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat. Soalnya, kata dia, semakin tinggi daya saing suatu daerah, semakin tinggi pula tingkat kesejahteraan masyarakatnya. “Tetapi kita belum dapat mengukur sejauh mana kapasitas daya saing kita. Makanya, kita harus tahu seberapa besar daya saing kita, karena ini menyangkut kesejahteraan masyarakat,” katanya. 

Menurut Irna, Bappeda harus bisa membuat perencanaan pembangunan yang tepat dan sesuai dengan kondisi zaman. “Di era globalisasi yang kian mendera dewasa ini akan sangat berpengaruh pada tingkat daya saing antar suatu negara, wilayah bahkan daerah. Hal itu akan sangat menentukan posisi tawar masing-masing daerah dalam kancah persaingan global yang semakin ketat,” katanya.

Kepala Bappeda Kabupaten Pandeglang Utuy Setiadi mengatakan, kegiatan yang dilakukan instansinya merupakan tindak lanjut dari Intruksi Presiden (Inpres) Republik Indonesia (RI) Nomor 6 tahun 2014 tentang Peningkatan Daya Saing Nasional dalam rangka Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). “Walaupun instruksi Presiden itu telah ada cukup lama, akan tetapi pengukuran indeks daya daerah masih merupakan hal yang baru,” katanya.

Utuy berharap, semua pihak terkait bisa memahami mekanisme atau konsep mengenai meningkatkan daya saing daerah. “Semua pihak juga harus dapat mempersiapkan kelengkapan-kelengkapan yang dirasa masih kurang. Karena daya saing daerah merupakan hal yang penting di era seperti sekarang ini,” katanya. (dib/zis)