Dekorasi RT 01 Karodangan Didominasi Bambu

TAKTAKAN – Bambu seolah menjadi ciri khas RT 01 RW 03, Lingkungan Karodangan, Kelurahan Sepang, Kecamatan Taktakan. Pasalnya, hampir semua hiasan dan fasilitas pelengkap di lingkungan ini menggunakan bahan dasar bambu.

Penggunaan bambu dapat dilihat dari gapura, pagar, hiasan tiang di pinggir jalan, sampai spot foto di RT 01. Ketika Radar Banten diajak berkeliling oleh Ketua RT 01 Rasmani dan Ketua Kelompok Sadar Pariwisata (Pokdarwis) Lingkungan Karodangan Mastur, Jumat (10/7), dari bagian depan hingga belakang kampung ini, seluruh hiasan terbuat dari bambu.

Rasmani mengatakan, penggunaan bambu karena di wilayahnya banyak tanaman bambu milik warga. Sehingga, bambu bisa dibeli dengan harga murah. Bahkan, ada yang diberikan secara gratis sebagai bentuk partisipasi warga. “Memang sengaja kita dominasi pakai bambu,” katanya.

Proses pengambilan bambu dari kebun oleh bapak-bapak, dilakukan sejak awal RT ini diikutkan Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020. Kemudian, para pemuda berinisiatif membuat spot foto dan gapura-gapura mini.

“Pas tim juri ke sini (saat penilaian tahap pertama-red), mereka pada senang karena lingkungan kita sudah rapi,” ungkap Rasmani.

Mastur menambahkan, berkat penataan dari bambu ini, RT 01 sudah mulai sering didatangi warga dari luar kampung hanya untuk sekadar foto-foto. Kedatangan warga dari luar RT 01, didominasi remaja, biasanya pada sore menjelang magrib.

“Artinya, RT 01 ini memang layak jadi kampung wisata,” tukas Mastur.

Saat ini, lanjutnya, warga RT 01 sedang mengurus pengesahan pembentukan kelompok sadar hukum dan kelompok penggerak lingkungan di Pemerintah Kelurahan Sepang. Warga juga berencana menambah penghijauan dengan memajang pot tanaman hias di pinggir jalan.

“Tapi, (untuk penghijauan-red) kayaknya kita harus iuran tahap kedua dulu,” ujar Mastur.

Lurah Sepang Haeruji mengaku optimistis, RT 01 bisa meraih juara LRLA. Ia menilai, penataan RT ini dari nol dan lebih memenuhi persyaratan jika dibandingkan dengan lima RT lain di Kelurahan Sepang yang ikut LRLA.

“Saya sangat apresiatif dengan kekompakan warga (RT 01-red). Insya Allah, dapat hasil bagus,” harap Haeruji. (mg06/don)