Delapan Rumah di Panggarangan Ludes Terbakar, Diduga Akibat Ledakan Tabung Gas

LEBAK – Sebanyak delapan unit rumah di Kampung Bubuay, Desa Cibarengkok, Kecamatan Panggarangan, ludes terbakar pada Selasa (4/8) sekira pukul 4.30 WIB. Penyebab kebakaran diduga akibat ledakan tabung gas dari rumah Arsanim dan setelah itu api merembet ke rumah yang lain.

Informasi yang dihimpun Radar Banten, kebakaran telah meratakan delapan rumah di Panggarangan. Total kerugian akibat kebakaran Rp658 juta dan satu orang warga mengalami luka lecet di bagian tangan. Delapan korban kebakaran, yaitu Arsanim dengan kerugian material Rp70 juta, Sunanta Rp70 juta, Udin Rp75 juta, Pepen Rp150 juta, Sumirta Rp145 juta, Hengki 73 juta, Suhemi Rp50 juta, dan Sanah Rp25 juta.

Camat Panggarangan Lingga Segara membenarkan, telah terjadi kebakaran di Kampung Bubuay pada Selasa pagi. Dugaan sementara api berasal dari ledakan tabung gas ukuran tiga kilogram di rumah Arsanim. Api kemudian membesar dan merembet ke rumah tetangganya.

“Kobaran api cepat membesar dan menghanguskan delapan rumah warga Bubuay,” kata Lingga kepada Radar Banten.

Mantan Camat Muncang ini menambahkan, warga kampung sudah berupaya memadamkan api dengan menggunakan peralatan seadanya. Namun, upaya tersebut tidak maksimal, sehingga beberapa rumah rata dengan tanah. Ditambah lagi, wilayah tersebut tidak terjangkau mobil pemadam kebakaran.

“Kejadian ini sudah kita laporkan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Sosial Kabupaten Lebak. Harapannya, hari ini korban kebakaran mendapatkan bantuan tanggap darurat,” ungkapnya. (Mastur)