Delapan Tokoh Publik Raih Penghargaan ‘Sahabat Jurnalis’

Penyerahan penghargaan sebagai 'Sahabat Jurnalis' dari Journalist Lecture Community Kota Serang.

SERANG – Sebanyak delapan tokoh publik di Provinsi Banten mendapat penghargaan sebagai ‘Sahabat Jurnalis’ dari Journalist Lecture Community Kota Serang.

Delapan tokoh publik tersebut adalah Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah, Wali Kota Serang, Syafrudin, Kapolres Serang, AKBP Edhy Cahyono, Danrem 064 Maulana Yusuf Kolonel Inf. Windiyatno, Ketua DPRD Banten Andra Soni, Anggota DPRD Provinsi Banten Encop Sofia, Anggota DPRD Kota Serang Pujiyanto dan Mantan Bupati Serang Ahmad Taufik Nuriman.

Pemberian penghargaan dilakukan saat peringatan Malam 101 Tahun: Haul Tirto Adhi Soerjo atau Bapak Pers Nasional yang digelar oleh Journalist Lecture Community di Halaman Perpusda Banten, Sabtu (7/12/2019) malam.

Panitia acara Malam 101 Abdul Rosid mengatakan, pihaknya memberikan penghargaan itu melalui mekanisme yang panjang dan profesional.

“Dari beberapa kepala daerah yang ada di Banten, satu Bupati dan Satu Wali Kota di Serang mendapat penghargaan. Penilaian ini tentu melalui mekanisme yang panjang,” katanya.

Selain Walikota Serang, lanjut Ken, pihaknya juga menilai sosok Edhy Cahyono yang saat ini diberi amanah sebagai Kapolres Serang Kota telah memenuhi beberapa kriteria, salah satunya mendukung kebebasan pers. “Pak Kapolres juga welcome dan menjalin kerja sama yang baik dengan rekan media. Sehingga dengan komunikasi yang baik menghasilkan keterbukaan informasi,” pungkasnya.

Wali Kota Serang Syafrudin mengapresiasi kegiatan Haul bapak Pers Nasional. Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Cicit dari Tiro yakni Okky Tirto dan penulis sejarah Muhidin M Dahlan.

Syafrudin menyampaikan, kegiatan ini sesuatu yang harus dikenang. Menurut dia, Tirto juga bagian dari suri tauladannya perlu di contoh. “Tirto ini seorang penggagas jurnalis. Salah satu pejuang, bahkan bisa kita sebut pahlawan, yang menurunkan ilmunya kepada kita, sehingga ada para jurnalis di tengah-tengah masyarakat dan pemerintah saat ini,” kata Syafrudin.

Ia berharap kepada jurnalis yang ada di Kota Serang, agar menjadi kontrol bagi eksekutif dan legislatif. “Malam ini bukan hanya sekedar mengenang dan mendoakan. Tuntunan Pak Tirto harus dilanjutkan. Saya apresiasi, mudah-mudahan dapat dilanjutkan di tahun mendatang dengan lebih meriah lagi,” jelasnya. (Ken Supriyono)