Demi Anak, Istri Siri Disingkirkan

Love Story

Love Story
Ilustrasi Love Story (Dok: RB)

Kenyataan hidup berumah tangga tidak selalu bahagia seperti yang diharapkan saat masa pacaran. Sebut saja Sari (34), istri dari Ramdan (37) ini mengalami kepahitan berumah tangga di usia pernikahannya yang ke-23 tahun. Kepahitan yang dialami Sari dipicu karena ternyata suaminya, Ramdan ternyata memiliki istri baru di tempatnya bekerja.

Ramdan yang bekerja sebagai salah satu pengemudi angkutan kota di Jakarta ini telah memiliki istri siri hampir satu tahun. Sebagai istri, Sari telah mengendus perselingkuhan suaminya dari perilakunya ketika sedang berada di rumah. “Saya menduga setahun ke belakang, karena ada yang tidak biasa dengan sikap suami saat di rumah. Ramdan sering sibuk sendiri dengan handphonenya, mulai dari telepon sampai dengan pesan singkatnya,” katanya.

Meski curiga, Sari mencoba untuk tidak mencurigai secara berlebihan dengan perilaku suaminya itu. Mencoba percaya dan berpikiran positif, mungkin hanya rekan kerja atau kerabat. Karena dengan kesibukannya, Ramdan memang jarang mengunjungi kerabatnya karena tidak sempat dan memanfaatkan waktu liburnya dengan istirahat.

Semakin lama gerak-gerik Ramdan semakin membuat Sari tak dapat lagi menahan rasa penasarannya itu. Kemudian di suatu waktu, secara diam-diam Sari memeriksa handphone milik suaminya yang diletakkan di atas lemari. “Saat saya mengecek handphone-nya, ternyata semua riwayat panggilan kosong dan tidak ada satupun pesan singkat yang tersisa,” aku Sari.

Tidak berhenti di situ, di minggu berikutnya saat suaminya sedang terlelap tidur, Sari pun secara diam-diam kembali memeriksa handphone yang lengket digunakan oleh suaminya. “Saat itu saya langsung terkejut, melihat isi pesan dengan tulisan lebay seperti ABG dengan panggilan ayang. Perasaan saya campur aduk, jijik dan kesal,” terang Sari.

Esok harinya, suasana rumah pun kacau karena emosi Sari tidak terkendali setelah semalaman suntuk membaca isi pesan di handphone Ramdan. Dengan terbata-bata Ramdan pun tidak mengaku saat ditanyai Sari, tentang hubungannya dengan wanita lain selain dirinya. Sontak adu mulut pun pecah sehingga menggegerkan seisi rumah dan memancing perhatian tetangga.

Ramdan dan Sari yang memiliki empat anak, satu laki-laki dan tiga perempuan ini akhirnya sepakat untuk menuntaskan masalah dengan cara musyawarah secara kekeluargaan. “Waktu itu anak laki-laki saya yang melerai dan memutuskan untuk dibicarakan secara musyawarah. Sebagai istri tentu saya sedih dan nggak terima dengan kejadian ini, kalau bukan demi anak pasti saya sudah putuskan untuk cerai,” kata Sari.

Dalam musyawarah selama tiga jam itu, akhirnya Ramdan mengaku, ia memiliki istri lain. Sari akhirnya meminta Ramdan untuk menceraikan istri siri demi anak-anaknya. Akhirnya Ramdan pun meminta maaf dan menyadari kesalahannya dan mau menceraikan istri sirinya.

“Beruntung saya memiliki anak-anak yang tangguh. Sehingga sampai sekarang rumah tangga saya dengan suami masih terus terjaga. Sekarang saya dan suami sedang sibuk membuka usaha pinjam barang untuk para tetangga dan komunikasi dengan suami pun semakin semakin harmonis,” kata Sari. (Wivy/Radar Banten)