Demo Mahasiswa Warnai Pelantikan Anggota DPRD Lebak

LEBAK – Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Front Mahasiswa Peduli Lebak melakukan demonstrasi di depan gedung DPRD Lebak, Senin (26/8). Mereka menuntut anggota Dewan yang baru dilantik dapat menjalankan tugas dengan baik dan memberikan kontribusi terhadap pembangunan.

Pantauan Radar Banten di lokasi, aktivis mahasiswa dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), Keluarga Mahasiswa Lebak (Kumala), Ikatan Mahasiswa Lebak (Imala), Pelajar Islam Indonesia (PII), Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), dan Ikatan Mahasiswa Muhamadiyah (IMM) melakukan aksi di depan gedung Dewan. Mereka membawa bendera, poster, dan spanduk yang berisi berbagai macam tuntutan terhadap anggota dewan yang baru dilantik. Aksi mahasiswa tersebut mendapatkan pengawalan dari aparat kepolisian dan anggota Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Lebak.

Ketua HMI Cabang Lebak Cucu Komarudin menyatakan, ada beberapa tuntutan yang disampaikan mahasiswa dalam aksi tersebut. Pertama, mereka meminta agar Dewan dapat melakukan evaluasi terhadap peraturan daerah (Perda) Wajib Diniyah, Perda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), dan keberadaan tambang pasir di wilayah Kecamatan Rangkasbitung.

“Mahasiswa ingin anggota Dewan yang baru bekerja dengan baik dan dapat memberikan kontribusi terhadap pembangunan di daerah,” kata Cucu Komarudin di sela-sela aksi, Senin (26/8).

Dijelaskannya, para mahasiswa meminta anggota Dewan baru berkomitmen memperjuangkan aspirasi masyarakat. Mereka tidak boleh melupakan janji politiknya pada saat kampanye. Jika nanti Dewan tidak kerja dengan baik, mahasiswa siap mengawal dan mengkritisi para wakil rakyat yang terhormat.

“Kami akan kawal kinerja Dewan hingga lima tahun ke depan. Jika kerjanya enggak maksimal lebih baik mereka diganti saja,” tegasnya.

Ketua DPRD Lebak sementara Bangbang yang menemui mahasiswa bersama beberapa anggota Dewan yang baru menyatakan, 50 anggota Dewan yang baru dilantik merupakan yang terbaik. Karena itu, Dewan akan melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai wakil rakyat, yakni legislasi, budgeting, dan pengawasan.

“Doakan kami amanah dalam menjalankan tugas sebagai wakil rakyat. Kritik dan masukan dari rekan-rekan mahasiswa akan menjadi pelecut semangat bagi kami dalam melayani masyarakat,” ungkapnya.(Mastur)