Demokrat Banten Akan Kombinasikan Tua dan Muda di Pileg 2019

0
75
Ketua DPD Demokrat Banten Iti Octavia Jaya Baya saat menghibur kader Demokrat dengan memyanyikan beberapa lagu dalam acara launching pendaftaran bakal calon legislatif di Hotel Ledian, Sabtu (17/3). (Foto: Anton Sutompul)

SERANG – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Demokrat Provinsi Banten terus melakukan persiapan menghadapi Pemilihan Legislatif (Pileg) tahun 2019 mendatang. Salah satunya dengan membukan pendaftaran bakal caleg yang akan bertarung tahun depan.

Ketua DPD Demokat Provinsi Banten Iti Octavia Jaya Baya menjalskan, pihaknya akan mengkombinasikan calon yang tua dengan yang muda di pesta demokrasi tersebut. Yang dimaksud Iti tua yaitu tidak sekadar tua secara usia, namun calon yang sudah memiliki pengalaman banyak diperpolitikan.

“Kadang-kadang muda semua juga kan emosional juga. Yah semua tingkatan ada. Anak-anak muda juga jangan terlalu ego merasa paling tau kondisi saat ini, tetep perlu bimbinhan dari yang tua,” ujar Iti kepada awak media setelah launching pendaftaran bakal calon legislatif di Hotel Ledian, Sabtu (17/3) malam.

Adapun yang muda, lanjut Iti untuk mendongkrak suara pemilih dari kalangan milenial khususnya pemilih pemula di setiap daerah pemilihan (Dapil) yang ada.

Terkait pendaftaran, dijelaskan Iti, pihaknya memfokuskan untuk kontestasi Pileg di tingkat provinsi saja. Pihaknya membuka seluas-luasnya untuk siapapun mendaftar. Namun yang akan dipilih sesuai dengan jumlah kursi yang telah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Yang mau daftar bisa datang ke kantor DPD Demokrat di Cipocok, sayaratnya nanti ada, kaya KTP, dukungan masyarakat, dan lain-lain,” kata Iti.

Disinggung soal mahar, menurut Iti, pihaknya tidak memungut biaya sepeserpun untuk pendaftaran ini. Selama memenuhi kriteria yang telah ditetapkan Demokrat, siapapun bisa mendaftar secara gratis.

“Kami tidak membeda-bedakan kader lama, baru, atau bukan, semuanya sama,” paparnya. (Bayu Mulyana/coffeandchococake@gmail.com)