Demokrat Banten Buka Pendaftaran Bakal Caleg, Ini Kriterianya

Ketua Bapilu Demokrat Banten Azwar Annas, Wakil Ketua Bapilu Heri Handoko, dan Komisi Pengawas Daerah Hermansyah saat menggelar keterangan pers di salah satu cafe di Kota Serang.

SERANG – Partai Demokrat Provinsi Banten membuka pendaftaran bakal calon legislatif untuk pemilihan legislatif (Pileg) tahun 2019 mendatang.

Wakil Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) Heri Handoko saat keterangan pers menjelaskan, sebelum membuka pendaftaran, Demokrat Banten akan melaunching hal tersebut pada 17 dan 18 Maret mendatang di salah satu cafe di Kota Serang.

Kemudian, dari 15 hingga 30 Maret yaitu pengambilan formulir, pengembaliannya dilakukan dari 18 hingga 30 Maret.

“Tanggal 1 April pengembalian ke provinsi, 2 hingga 13 April verifikasi berkas oleh teman-teman Bapilu. Tanggal 14 April kita akan lakukan fit and proper test,” katanya, Selasa (6/3).

Selanjutnya, dari tanggal 15 hingga 28 April 2018, Demokrat Banten akan melakukan survei yg dilakukan terkait bakal calon yang akan diusung. Survei itu dilakukan untuk barometer.

“Kami tidak memungut biaya, baik saat pengambilan atau pengembalian,” katanya.

Terkait krietria bakal caleg yang dicari oleh Partai Demokrat, Heri yang saat kesempatan itu bersama Ketua Bapilu Azwar Annas dan Komisi Pengawas Daerah Hermansyah menuturkan, beberapa kriteria yang dicari yaitu pengabdian terhadap partai, popularitas, jaringan, cerdas, santun, dan merakyat.

“Prioritas utama kader, baru di luar kader disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing daerah,” ujarnya.

Sementara itu, Azwar Annas menambahkan, dalam mencari bakal caleg, Demokrat juga mendorong integritas seseorang. Menurutnya, integritas penting dimiliki oleh seluruh bakal caleg baik dari kader maupun non kader.

“Yang jelas kita mengikuti persyaratan KPU,” tuturnya.

Dalam Pileg tahun mendatang, menurut Azwar, Demokrat Banten menarget pemilih pemula dan muda. Karena itu, untuk menggaet suara itu, Demokrat Banten akan menggelar lomba meme, vlog, serta kegiatan yang saat ini sedang digandrungi kalangan milenial tersebut. (Bayu Mulyana/coffeandchococake@gmail.com)