Demokrat Beri Mandat Eki Baehaki Cari Partner Koalisi

Pimpinan tiga partai yakni Partai Demokrat, PAN, dan PPP melakukan pertemuan di salah satu rumah makan di Kota Serang beberapa hari lalu. Foto: Dok. Partai Demokrat

SERANG – Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Demorkat memberi mandat kepada Eki Baehaki untuk membentuk koalisi di Pilkada Kabupaten Serang. Demokrat akan memberi rekomendasi Eki sebagai calon bupati jika koalisinya sudah terbentuk.

Demikian disampaikan Sekretaris Jenderal DPD Partai Demokrat Banten Eko Susilo kepada Radar Banten melalui sambungan telepon seluler, Senin (25/5). Eko mengatakan, mandat itu tertuang dalam surat tugas yang diterbitkan oleh DPP Partai Demokrat. “Sementara ini baru surat tugas, Pak Eki diminta membentuk koalisi dan mencari pasangannya untuk Pilkada,” katanya.

Jika koalisi itu sudah terbentuk, kata Eko, rekomendasi Partai Demokrat untuk Eki baru diterbitkan. Hal itu lantaran Partai Demokrat di Kabupaten Serang belum mempunyai kursi yang cukup di DPRD untuk mengusung calon bupati. “Kita ada lima kursi, butuh lima kursi lagi untuk mengusung calon,” ujarnya.

Kata Eko, selain Eki Baehaki ada nama calon petahana Ratu Tatu Chasanah yang mengikuti penjaringan bakal calon bupati di Partai Demokrat. Namun, Tatu sudah memutuskan untuk menggandeng Pandji Tirtayasa sebagai bakal calon wakil bupatinya. “Artinya, kita tidak mungkin berkoalisi dengan petahana, karena kursi calon wakil bupati juga sudah terisi,” terangnya.

Sementara, lanjut Eko, DPP Partai Demokrat memprioritaskan kader internal untuk maju di Pilkada. “Jadi, mau tidak mau kita harus menjadi pesaing petahana. Kader kita ada Pak Eki Baehaki,” ucapnya.

Pada beberapa hari lalu, Partai Demokrat melakukan pertemuan dengan petinggi Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di salah satu rumah makan di Kota Serang. Pertemuan itu di antaranya dihadiri Ketua DPW PAN Banten Masrori, Ketua DPD PAN Kabupaten Serang Jaenudin, dan Ketua DPC PPP Kabupaten Serang Heri Azhari. Kata Eko, pertemuan itu untuk membicarakan kemungkinan berkoalisi.

Disinggung apakah Masrori akan disandingkan dengan Eki Baehaki, Eko belum bisa memastikan. Kata Eko, pihaknya masih melakukan komunikasi politik untuk pendamping Eki.

Sebelumnya, sempat mencuat juga isu Eki bakal disandingkan dengan politikus PKS Najib Hamas.

“Karena kita inginkan pasangan itu nantinya yang terbaik, bukan yang hanya ingin sekedar tampil, harus betul-betul petarung. Dengan PKS juga kita masih sama-sama menunggu kepastian,” ucapnya. (Rozak)