Demonstrasi Alutsista TNI Bergemuruh di Darat, Laut dan Langit Cilegon

0
96

CILEGON – Demonstrasi latihan gabungan dan aerobatik pesawat Jupiter menjadi pertunjukan yang sangat dinantikan oleh ribuan masyarakat yang datang ke tempat pelaksanaan HUT TNI ke-72 di Dermaga Pelabuhan Indah Kiat, Merak, Kota Cilegon, Kamis (5/10).

Berikut alutsista yang diantaranya ditampilkan oleh Satuan TNI AD: alutsista defile yakni 3 unit bush master Kopassus, 6 unit Atav Kopassus, 3 unit junkle Kopassus, 9 kendaraan tempur Anoa, 9 unit Leopard 2R1, 9 tank Tarantula, dan lainnya. Kemudian alutsista tempur terdiri dari 16 unit Heli Bell-412, 6 unit Astros MK II AV-LMU.

TNI AL: 4 unit sea rider, 1 unit Ran bawah air, 1 unit Aligator, 6 unit meriam HOW 105, I unit tank recovery BMP-3F, 10 unit pesud rotary wing, 17 unit pesud FIX wing, dan lainnya.

Kemudian dari TNI AU menampilkan 8 unit SU-27/30, 8 unit F-16 dan 2 cadangan untuk Sim TO A dan Sim SU, 44 paramotor dari Fasi, 5 unit EC-120 Colibri, 2 unit pesawat Cesna-172, 2 unit heli SAR dan Medavac dan lainnya.

Gemuruh tepuk tangan masyarakat membahana kala alutsista canggih milik TNI ini ditampilkan. “Ini yang menjadi daya tarik masyarakat untuk datang ke sini, capek jalan kaki terbayar dengan melihatnya,” ujar Afika, warga Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon. (Riko Budi Santoso/rikosabita@gmail.com)