Dengan 3-S, Warga RT 04 Penuhi Semua Kategori Lomba

0
579 views

WALANTAKA – Sersan, serius tapi santai. Namun, karena konsep penataannya jelas, warga RT 04 RW 02, Lingkungan Pipitan, Kelurahan Pipitan, Kecamatan Walantaka, mampu memenuhi semua kategori Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020.  Tim juri yang menilai, Selasa (12/5), dibuat kagum.

Keyakinan warga RT 04 bahwa hasil penataan lingkungannya sudah OK, terlihat ketika Tim 11 Juri LRLA datang. Tim ini disambut dengan ibu-ibu yang berselawatan sambil meminkan alat musik rebana. RT ini hijau. Banyak tanaman digunakan sebagai penghijauan, termasuk tanaman obat keluarga (toga). Tanaman bunga pun ikut mewarnai setiap rumah warga.

“Semua kriteria sudah terpenuhi,” tegas Machron Chairul Falah, ketua tim 11,  kepada Radar Banten. Pernyataannya ini didasarkan hasil pemantauan dan wawancara dengan warga, pemuda, dan pengurus RT 04. Hasil penataan perkampungan ini juga berpotensi menjadi kampung wisata.

Kategori lomba yang dipenuhi RT ini adalah partisipasi warganya dalam menata lingkungan, lingkungan paling berbunga, lingkungan terinovatif dengan adanya sistem pengolahan sampah yang bernilai ekonomi, lingkungan paling hijau dibuktikan dengan adanya pot tanaman di setiap pekarangan rumah dan jalan lingkungan, kelompok pemuda penggerak lingkungan, dan kelompok sadar hukum.

Pembentukan kelompok pemuda penggerak lingkungan telah disahkan melalui SK Lurah Pipitan Nomor 100/01/K41013/V/2020. Kelompok sadar hukum pun demikian. Disahkan melalui SK Lurah Pipitan Nomor 100/02/K41013/V/2020.

“Warga sangat kompak dalam mempersiapkan segalanya. Harus dipertahankan , bahkan harus bisa ditingkatkan supaya nanti (pada penilaian tahap kedua-red) enggak kalah saing dengan RT lain yang juga sudah bagus,” pesan Machron.

Pos ronda RT 04 oun, menurut Aiptu Juwedi, telah ideal. Sarana dan prasarananya lengkap.”Semua sudah lengkap. Keamanannya juga kondusif,” tegas juri perwakilan dari Polres Serang Kota itu.

Lurah Pipitan Tuti Sumiyati mengaku senang dengan hasil penataan lingkungan RT 04. Pencapaian ini dilakukan oleh warganya secara gotong royong dan swadaya. Warga melakukannya dengan konsep 3-S. Sukses, santai, dan serius.

“Saya pastikan, pada penilaian kedua nanti, RT 04 bakal jauh lebih bagus,” tegas Tuti. (mg06/don)