Dengan Bambu, RW 01 Jadi Rapi dan Indah

0
366 views

CIKEUSAL – Batang bambu menjadi bahan utama untuk menata lingkungan RW 01, Kampung Bangkong, Desa Sukarame, Kecamatan Cikeusal. Kampung ini pun menjadi indah. Warganya telah membuat taman, lengkap dengan rumah pohon, dan pemagaran di semua jalan di RW ini.

Secara keseluruhan, lingkungan RW 01 dengan tiga RT ini sudah ditata. Namun, yang paling menonjol penataannya adalah lingkungan RT 02. Ada rumah pohon yang di bawahnya kolam ikan di RT ini. Sementara, lingkungan RT 01 dan RT 012 juga telah disiapkan. Juri Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang bisa menilainya.

Ketua RW 03 Rusmin mengatakan, warganya sudah memulai penataan sejak September 2020. Awalnya, gotong royong warga difokuskan pada kebersihan. Kemudian, dilanjutkan dengan pemasangan pagar.

”Sekarang kita punya rumah pohon tapi dari bambu. Rumah pohon ini idenya pemuda,” kata Rusmin kepada Radar Banten, Sabtu (28/11).

Dijelaskan Rusmin, warga menghabiskan ratusan batang bambu untuk membuat kampungnya menjadi rapi dan indah. Mulai dari membuat pagar hingga hiasan lainnya.

Setelah itu, kata Rusmin, warganya juga merenovasi pos ronda. Bangunan pos ronda diperbesar dan bagian atapnya telah diperbaiki.

”Sekarang pos rondanya sudah kokoh, tinggal dilengkapi alat keamanannya,” ujar Rusmin.

Kepala Desa Sukarame Nana Suryana mengaku tak sabar ingin melihat hasil penataan lingkungan RW 01. Terutama, hasil pengecatan yang bisa membuat kampung jadi berwarna. ”Pasti juri bakal senang,” katanya. (mg06/don)