Dengan Bambu, Warga Berkreasi Menata Kampung

0
440

BAROS – Bambu menjadi bahan utama untuk membuat RW 01, Kampung Parung Sentul, Desa Sinarmukti, Kecamatan Baros, lebih enak dipandang. Dengan bambu pula, warga dituntut kreatif bisa menghadirkan kampungnya menjadi nominator juara Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020.

“Bahan utama penataan kami bambu, karena di kampung kami banyak kebun bambu. Kami buat pagar, permainan anak, tempat sampah, hingga gapura. Semua menggunakan bambu. Jadi, yang dibeli warga hanya cat dan paku saja,” jelas Maftuki, penggerak warga Kampung Parung Sentul.

Menurutnya, penataan lingkungan RW 01 telah dimulai sejak awal Agustus lalu. Hingga kini, warga sudah dua kali mengubah bentuk pagar untuk penyegaran. Pagar di pinggir jalan kampung ini berbentuk setengah lingkaran.

“Bentuk pagar yang kami gunakan juga bebeda. Dengan bambu yang sedikit tetapi hasilnya menjadi unik dan enak dilihat,” ujar pria yang biasa disapa Tuki itu.

Soal penghijauan, hampir merata dilakukan warga. Tanaman telah ditata di pinggir jalan dan halaman rumah warga.

Kini, warga RW 01 tengah fokus membuat taman bermain dan taman baca. “Warga fokus ke taman bermain. Sudah ada tiga jenis mainan. Ayunan, perosotan tradisional, dan jungkat-jungkit,” ujar Tuki.

Nandang Suhendar, warga RW 01, menambahkan bahwa konsep penataan di kampungnya itu untuk jangka panjang. “Perawatan pasti akan kami lakukan. Apabila ada warga yang punya konsep baru juga kami pasti akan ubah lagi supaya tidak bosan. Target kami, penataan yang sekarang kami lakukan bisa dirawat hingga bulan puasa tahun depan,” katanya. (rio/don)