Dengan Bonsai Kelapa, Target RW 03 Beusi Lebak Lebih Banyak

0
396 views

PAMARAYAN – Tahun lalu, RW 03 di Kampung Beusi Lebak, Desa Sangiang, Kecamatan Pamarayan, meraih tiga juara untuk tiga kategori Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang. Dari pengalaman itu, kampung ini menyasar lebih banyak juara.

Untuk meraih target juara di LKBA Kabupaten Serang 2020, penataan lingkungan kampung ini wajib ditingkatkan. Terlebih, kampung ini akan bersaing dengan kampung lain yang pernah ikut LKBA 2019.  

“Kampung Beusi Lebak kembali kami ikutkan (LKBA 2020-red), karena setelah lomba tahun lalu, mereka terus meningkatkan penataan lingkungannya. Jadi, tahun ini mereka masuknya di kategori berkembang. Sedangkan empat RW lainnya juga ikutan di kategori pemula,” papar Kepala Desa Sangiang Sugeng Wahyono.

Peningkatan di RW 03, sebut Sugeng, rumah isolasi bagi warga yang terpapar Covid-19 dan perpustakaan. Taman bermain, saat ini tengah digarap oleh warganya.

Hasil penataan saat mengikuti LKBA 2019 di RW 03, masih terlihat. Bahkan, bonsai kelapa yang menjadi andalan warga kampung ini, telah ditata di pinggir jalan dan rumah-rumah warganya.

“Kampung itu terus melakukan penataan. Jadi bisa dibilang, mereka siap untuk kembali bersaing dengan paserta lainnya. Semoga hasilnya bisa membuat mereka mempertahankan juara yang diraih tahun lalu,” harap Sugeng.

“Kalau empat RW lainnya, yang sudah mulai bergerak itu Kampong Leuwi Banteng, RT 13 RW  05,” tambah Sugeng.

Sementara, Ketua RT 19 RW 03 Sampir menjelaskan bahwa keikutsertaan kampungnya di LKBA 2020 adalah agar warga menjaga hasil penataan lingkungan kampungnya.

Untuk menghadapi penilaian lomba tahun ini, warga telah menyiapkan pagar bambu untuk mengganti pagar yang telah rusak. Serta, menyiapkan bonsai kelapa dan pot gantung dari botol plastik.

“Kalau tahun lalu, kami tidak terlalu banyak memasang bonsai kelapa. Tapi tahun ini, bonsai kelapa yang akan kami tampilkan lebih banyak lagi, sehingga kampung kami punya ciri khas bonsai kelapa,” jelas Sampir. (rio/don)