Dengan Swadaya, RW 02 Sukamaju Jadi Indah

0
284 views

GUNUNGSARI – RW 02, Kampung Sukamaju, Desa Sukalaba, Kecamatan Gunungsari, menjadi lebih indah. Cukup enak dipandang. Perubahan ini setelah warga berswadaya dan bergotong royong menata kampungnya.

Penantian warga RW 02 telah terwujud. Sejak Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2019, warga kampung ini berharap, tahun ini, kampungnya bisa ikut berkompetisi di lomba bergengsi antar-RW tersebut.

Untuk menuju ke kampung ini, dari Jalan Raya Gunungsar-Mancak, Radar Banten harus menyusuri jalan poros desa sepanjang 100 meter. Masuk ke areal perkebunan melinjo atau tangkil.

Di tengah kebun ini lah RW 02 berada. Lingkungannya sudah tampak rapi. Warga memanfaatkan ban bekas dan bambu untuk memagari jalan kampung.

Ada pula taman bunga di lahan sekira 20 meter persegi. Taman ini juga dimanfaatkan sebagai tempat bermain anak-anak. Bangku dan meja pun disediakan untuk warga bersantai di taman.

Kepala Desa Sukalaba Rohedi mengakui jika pada LKBA 2019 wilayahnya tak mendapat juara. Namun, ia bertekad, ada RW di wilayahnya yang meraih nominasi juara.

”Kita bermodalkan semangat, swadaya warga. Insya Allah, bisa juara,” tegasnya, Selasa (22/9).

Bukti swadaya warga RW 02 telah dicatat. Bukan cuma uang, ada warga yang menyumbangkan ban bekas dan bambu. ”Pokoknya, apa pun bentuk sumbangannya pasti diterima. Ini bukti kegotongroyongan warga,” jelas Rohedi.

Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Sukalaba Munari menambahkan, meski penjurian baru dimulai Oktober 2020, warga RW 02 telah mempersiapkan kampungnya. Warga telah menyusun dokumentasi foto kegiatan gotong royong warga dan mengantongi legalitas pembentukan Kelompok Pemuda RW 02, Kampung Sukamaju, yang diterbitkan oleh Pemerintah Desa Sukalaba.

”Tapi SK (surat keputusan Kepala Desa Sukalaba-red) kelompok sadar lingkungan dan sadar hukum belum ada. Nanti kita urus,” ungkap Munari.

Sementara itu, Ketua RT 09 RW 02 Royani menjelaskan, penataan lingkungan Kampung Sukamaju baru mencapai 50 persen. Rencananya, ia akan membuat kebun mini tanaman obat keluarga, memperbanyak tanaman bunga, dan melengkapi alat keamanan di pos ronda. ”Kita harus jadi juara. Pasti bisa,” pungkasnya.(mg06/don)