Suasana sosialisasi

SERANG – Detasemen Polisi Militer (Denpom) III/4 Serang gelar Sosialisasi Operasi Gaktib dan Yustisi Polisi Militer Tahun 2016, Selasa (26/1/2016). Acara yang digelar di Markas Denpom III/4 Serang, Kota Serang ini menghadirkan unsur kepolisian dari Satlantas Polda Banten, Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Banten, Sat Pol PP, dan Dinas Perhubungan Provinsi Banten.

Komandan Denpom III/4 Serang Mayor CPM Sapardi menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan agenda rutin yang dilakukan untuk memantau angggota TNI dan warga sipil. Ia mengatakan, jika dalam pelaksanaan operasi terjaring anggota yang kedapatan menggunakan narkoba atau menyalahgunakan tugas maka pihaknya akan menindak tegas.

“Ini sosialisasi dalam rangka meningkatkan disiplin dan mencegah pelanggaran hukum anggota. Bagaimana pun peran TNI harus dirasakan oleh masyarakat. Jika ada pelanggaran tetap ada tindakan untuk para pelanggar, baik warga sipil maupun dari pihak TNI sendiri,” ujar Mayor CPM Sapardi kepada wartawan, Senin (26/1/2016).

Mayor CPM Sapardi juga mengimbau kepada anggota TNI agar menjunjung tinggi disiplin dan tugas militer. Sebab dari situ peran TNI akan lebih dirasakan oleh masyarakat. “Seperti amanat pimpinan kita kan. Bersama rakyat, TNI kuat,” tegasnya.

Bentuk pelanggaran yang paling rawan baik di kalangan warga sipil dan anggota TNI dalam forum disebutkan yakni penggunaan narkoba. “Selin itu, pengangangguran juga bisa menjerumuskan orang kepada penggunaan narkoba. Padahal pengangguran tersebut sudah mengenyam pendidikan cukup tinggi S-1. Tapi karena nganggur itu bisa menjerumuskan kepada penggunaan narkoba,” ujar Kepala Bidang Pencegahan BNN Banten Letkol Sugiono. (Wahyudin)