Depan Tangcity Sering Macet, Dewan Desak Pemkot Bikin Separator

Ilustrasi/ Inet

TANGERANG – Komisi IV DPRD Kota Tangerang mendesak Pemkot agar segera memasang pagar separator (pembatas jalan) di Jalan Jenderal Sudirman, tepatnya di depan Mal Tangcity, Cikokol. Pemasangan ini untuk mengatasi kemacetan yang terjadi setiap hari gara-gara banyaknya angkutan umum berhenti sembarangan.

Ketua Komisi IV DPRD Kota Tangerang Apanudin mengatakan, pagar pembatas jalan harus segera dibangun mengingat di lokasi tersebut merupakan salah satu titik kemacetan yang cukup crowded. “Sudah saatnya harus ditutup (dipagar-red), karena di sana banyak angkot  ngetem dan menurunkan penumpang sembarangan. Hampir setiap hari macet,” kata Apanudin, kepada Harian Radar Banten, Kamis (25/2/2016).

Politisi Partai Gerindra ini mengaku telah mengusulkan pembuatan separator kepada Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) maupun Dinas Perhubungan (Dishub). Namun tak mendapat respon. “Sudah berkali-kali kita usulkan ke DKP membangun pagar pembatas jalan dan Dishub membuat JPO (jembatan penyeberangan orang-red), tapi belum direalisasikan,” ungkapnya.

Dirinya siap menganggarkan dana pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2016 untuk pembangunan pagar pembatas jalan. Ia mengestimasi pembuatan pagar menelan Rp500 juta. “Sebagai bentuk komitmen, kita siap menganggarkan di APBD Perubahan tahun ini,” tandasnya.

Kepala DKP Kota Tangerang Ivan Yudianto mengapresiasi usulan Komisi IV tersebut. Pembuatan pagar pembatas jalan itu pernah dibahas dengan Dishub. Mereka telah membuat konsep pada dua lokasi di sekitar kawasan Mal Tangcity, yakni Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Perintis Kemerdekaan. “Kami telah beberapa kali rapat koordinasi dengan Dishub, dan konsepnya sudah ada kok,” kata Ivan.

Dua lokasi tersebut rencananya akan dibangun pagar pembatas jalan, JPO serta u-turn (tempat berbelok-red). Ketika ditanya kapan konsep tersebut akan direalisasikan, Ivan menyarankan agar mengkonfirmasikan hal tersebut ke Dishub. “Teknisnya bisa tanya langsung ke Dishub,” tandasnya.

Sebelumnya Kepala Dishub Kota Tangerang Engkos Zakarsy pernah menyampaikan  pembuatan pagar dan pembangunan JPO direalisasikan dalam waktu dekat ini. Tapi ia tidak dapat memastikan kapan waktunya lantaran itu kewenangan Pemprov Banten. “Untuk realisasi pastinya kita belum tahu kapan, karena itu kewenangan provinsi,” ujarnya beberapa waktu lalu. (RB/mg-24/dus)