Desa Babakan Asem Bangun Tempat Kursus

0
416 views

TANGERANG – Pemerintah Desa (Pemdes) Babakan Asem, Kecamatan Teluknaga, tengah sibuk membangun gedung pemberdayaan dan pelatihan masyarakat di Kampung Sukakarya RT 01 RW 10. Rencananya, gedung tersebut akan digunakan untuk tempat berbagai kursus. Di antaranya Bahasa Inggris, komputer dan kursus Bahasa Arab.

Penjabat (Pj) Kepala Desa Babakan Asem Yadih Wiliyanto menuturkan, pembangunan gedung pemberdayaan dan pelatihan masyarakat itu dibangun di lahan milik desa seluas 1.800 meter persegi. “Gedung yang sedang kami bangun akan digunakan untuk tempat kursus dan satu lagi untuk dijadikan asrama,” katanya saat ditemui di kantornya, Rabu (20/11).

Yadih menerangkan, asrama tersebut dibangun dengan ukuran 20 meter dan lebar 10 meter. Rencananya, asrama tersebut dibangun hingga tiga lantai secara bertahap. Tahun lalu, lanjut Yadih, sudah membangun satu unit bangunan untuk ruangan kelas dan kantor dengan panjang 25 meter dan lebar 9 meter. Satu unit bangunan itu, ada tiga ruangan kelas dan satu ruangan kantor tenaga pengajar.

“Saat ini kami sedang sekolahkan sejumlah warga ke Kampung Inggris Pare, Kediri, Jawa Timur. Setelah itu, mereka akan menjadi tenaga pengajar kursus Bahasa Inggrisnya. Semua dilakukan secara bertahap, jadi untuk kursus komputer ataupun Bahasa Arab adalah rencana berikutnya,” terang Yadih.

Yadih menjelaskan, soal sistem biaya berbagai kursus tersebut masih dalam proses musyawarah dengan warga. Gratis atau ada biaya, ditentukan bersama. “Pastinya, tujuan membangun gedung pemberdayaan dan pelatihan masyarakat, adalah untuk semakin meningkatkan kemampuan sumber daya manusia (SDM) di desa,” jelas Yadih.

Yadih menuturkan, gedung pemberdayaan dan pelatihan masyarakat itu dibangun dengan menggunakan anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes) Desa Babakan Asem tahun anggaran 2018 – 2019. “Semoga semua proses pembangunan lancar dan ke depan proses kegiatan pemberdayaan masyarakat berjalan lancar sehingga bisa mencetak SDM yang unggul dan cerdas dengan berbagai keahlian,” pungkasnya.  (pem/rb)