Desa Benda Punya RT RW-Net

TANGERANG – Pemerintah Desa (Pemdes) Benda, Kecamatan Sukamulya, Kabupaten Tangerang membentuk unit usaha RT RW-Net sebagai langkah menjadikan internet kebutuhan masyarakat desa.

Hal itu dikatakan Penjabat Kepala Desa Benda Suharta saat ditemui di kantornya, Selasa (15/10). Menurutnya usaha RT RW-Net tersebut dikelola Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). “Kami sudah membentuk Bumdes ini dua bulan lalu, dan alhamdulillah kini sudah berjalan dibidang internet desa,” katanya.

Ditambahkan, badan usaha milik desa yang dinamai Bumdes Raharja tersebut mendapat suntikan anggaran sebesar Rp50 juta. Anggaran tersebut untuk pengadaan alat internet mulai dari tower pemancar hingga perangkat pendukung lainnya. “Anggaran kami salurkan agar RT RW-Net bisa segera berjalan. Semoga pekan ini bisa dinikmati masyarakat desa,” tambah Suharta.

Internet desa dipilih, lanjut Suharta, agar masyarakat bisa menikmati jaringan internetnya sehingga bisa dimanfaatkan mengakses berbagai informasi yang positif. Selain internet desa, Pemdes juga akan menata pasar desa. Pasar yang persis berada di samping kantor desa itu akan ditata dengan pembangunan tempat berjualan milik masyarakat. Hal itu dilakukan, karena banyak warganya yang berprofesi sebagai pedagang. “Kami akan tata pasar desa serapih mungkin sehingga bisa membantu meningkatkan ekonomi masyarakat melalui transaksi jual beli yang nyaman,” akunya.

Sementara itu, Ketua Bumdes Raharja Desa Benda Feri Hariyanto mengatakan, pihaknya sudah membangun tower pemancar internet pada 6 Oktober lalu dengan tinggi sekira 25 meter dan mencakup wilayah desa dengan radius 500 meter. “Untuk operasi kami sudah selesaikan minggu ini. Nantinya akan diberlakukan sistem voucher perhari, perminggu dan perbulan. Harganya dibanderol mulai dari Rp5 ribu perhari unlimited,” katanya. (pem/rb/adm)