Desa Jenggot Bangun Kantor Baru

MEKARBARU – Desa Jenggot, Kecamatan Mekarbaru fokus berbenah membangun infrastruktur desa, salah satunya pembangunan kantor desa yang rampung dibangun Oktober 2019 ini. Kini, Pemerintah Desa Jenggot sudah menempati kantor baru.

Kepala Desa Jenggot Pudin mengatakan, awalnya kantor desa ada di Jalan Masjid An-Nur Kampung Jenggot RT 01 RW 01 sekarang pindah Jalan Syekh Nawawi Kampung Gaga. “Kantor desa dibangun lantaran kantor yang lama diklaim milik warga, padahal sudah tiga kepala desa dan baru kali ini ada yang klaim. Maka itu, akhirnya kami bangun kantor baru di tanah milik desa agar tidak ada yang klaim hak milik lagi,” katanya saat ditemui di kantornya, Senin (28/10).

Pudin menerangkan, kantor desa yang baru mulai dibangun September dan awal Oktober sudah rampung dan ditempati. “Untuk anggarannya, sekira Rp350 juta. Sedangkan ukuran kantornya luas 9 meter dan panjang 13 meter. Meski sudah jadi, tapi belum rampung semua, ke depan akan ditambah lagi agar kantor desa semakin nyaman memberikan pelayanan masyarakat,” terangnya.

Sementara itu, soal pembangunan infrastruktur fisik, lanjut Pudin, diperkirakan mencapai 80 persen. Diantaranya pavingblock, saluran pembuangan air limbah (SPAL), tembok penahan tanah (TPT) dan kantor desa. “Selain kantor desa yang sudah dibangun, fisik TPT juga sudah rampung dibangun di Kampung Gaga Tegal. Ukurannya panjang 300 meter, tinggi 1,2 meter dan lebarnya 70 senti dengan anggaran sekira Rp250 juta,” tambah Pudin.

Selain TPT, Pudin mengaku, saat ini sedang bersiap membangun jalan beton di Kampung Gaga berukuran panjang 510 meter dengan lebar 2 meter dan ketinggian 15 sentimeter. “Anggarannya diperkirakan Rp350 juta. Semoga proses pembangunan lancar dan semua jalan lingkungan di Desa Jenggot rapih, tidak ada lagi yang becek kalau musim hujan datang,” pungkasnya. (pem/rb)