Desa Karangharja Bangun Taman Bermain Anak Terpadu

TANGERANG – Upaya mengajak sekaligus meningkatkan minat ibu hamil dan balita datang ke posyandu dilakukan pemerintah desa (Pemdes) Karangharja, Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang. Salah satunya dengan membangun taman bermain anak terpadu di lingkungan posyandu. Taman yang baru diresmikan 29 Agustus 2019 lalu tersebut kini ramai dikunjungi anak-anak untuk bermain saat menunggu orangtuanya memeriksa kandungan.

Hal itu dikatakan Penjabat Sementara Kepala Desa Karangharja Suhaemi saat ditemui di taman bermain anak terpadu, Rabu (11/9). Dia menjelaskan, pembangunan taman bermain anak terpadu dengan posyandu itu sebagai bentuk refleksi dari komitmen bursa inovasi desa tahun 2018 lalu. Dimana tujuan utamanya untuk meningkatkan taraf kesehatan masyarakat, khususnya ibu-ibu hamil dan balita dengan pemeriksaan secara rutin di posyandu.

“Adanya taman bermain, diharapkan dapat menarik perhatian balita, dan mau berlama-lama berada di posyandu dengan fasilitas bermain yang ada. Jadi anak-anak bermain, orangtua (Ibu-red) dengan tenang melakukan pemeriksaan kandungan,” jelasnya.

Suhaemi menambahkan, taman bermain anak terpadu dengan posyandu tersebut berada di RT 05 RW 02 Kampung Pasir Luhur. Bangunan seluas 220 meter persegi itu dibangun dengan anggaran sebesar Rp207.007.000 menggunakan dana desa tahap pertama.

Untuk fasilitasnya beragam, di antaranya aula serba guna, fasilitas bermain anak seperti perosotan, ayunan, jungkat-jungkit, kolam renang dan perpustakaan dengan aneka jenis buku bacaan. Beragamnya fasilitas tersebut diharapkan anak-anak bisa betah bermain di posyandu.

Selain itu, hadirnya taman bermain anak terpadu tersebut, juga diharapkan bisa mencegah gizi buruk dan stunting pada balita di desa yang memiliki jumlah penduduk sekitar 4.864 jiwa dengan luas wilayah sekitar 228 hektare itu. 

“Jadi kalau posyandunya nyaman banyak fasilitas bermain dan berenangnya, ibu-ibu hamil dan balita lebih semangat untuk periksa kesehatan sambil bermain,” ungkapnya.

Ketua Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Karangharja Santi mengatakan, tempat bermain anak terpadu juga disebut sebagai gedung serba guna oleh para kader kesehatan. Gedung yang baru diresmikan sekira dua pekan yang lalu juga dimanfaatkan berbagai kegiatan para kader, seperti bina balita dan pertemuan kelas ibu hamil. (pem/rb)