SERANG – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Serang, akan menuntaskan semua pemohon kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) dalam bentuk Print Ready Record (PRR) yang dapat tercetak semua hingga akhir 2015. Sehingga memasuki awal tahun 2016 sudah dalam posisi nol. Pihak Disdukcapil juga siap mensukseskan pelayanan SIM online yang diadakan oleh Polda Banten pada 6 Desember nanti.

Sekretaris Disdukcapil Kota Serang, Hudori KA mengatakan, sejak diadakannya pelayanan e-KTP yakni 2012 sampai sekarang masih ada 8.000 yang belum tercetak kategori PRR, dan pihaknya menargetkan sampai Desember sudah selesai tercetak semua. “Sebelum berganti tahun, kami akan menuntaskan pencetakan e-KTP atas semua pemohon kategori print ready record. Ini juga ketentuan dari pusat,” kata Hudori, Senin (30/11/2015).

Hudori juga mengaku optimistis bakal menyelesaikan cetak e-KTP sebanyak itu hingga batas waktu akhir Desember. Dimana untuk menuntaskan hal tersebut pihaknya melakukan jemput bola dengan pelayanan keliling menggunakan kendaraan operasional yang sudah di-branding untuk menerbitkan e-KTP. “Pelayanan keliling itu juga untuk membuktikan efektivitas kendaraan, dan ke depannya juga tidak hanya melayani KTP, akan tetapi dapat mencetak KK dan akta,” katanya.

Pemohon e-KTP kategori tersebut yang selama ini belum mendapat versi cetak, menurutnya, karena berbagai faktor penyebab di antaranya, warga pemohon itu bersikap pasif menunggu atau tidak menyelesaikan pengurusan e-KTP, kemudian sebelumnya pencetakan ini juga dilakukan pusat, sehingga daerah terkendala.

Kabid Pengelolaan Informasi dan Teknologi, Gema Advaita menambahkan, dilakukan pelayanan keliling ini juga bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat, terutama yang jarak tempat tinggalnya jauh dari Kantor Disdukcapil, dan bagi warga yang sudah udzur (tua-red) tidak kuat berpergian jauh. (Disdukcapil Kota Serang/Advertorial)