Deteksi Dini Kecacatan pada Penyandang Disabilitas, Dinsos Banten Gelar UPSK

Kepala Dinas Sosial Provinsi Banten, Ino S Rawita.
Kepala Dinas Sosial Provinsi Banten, Ino S Rawita.

CILEGON – Dinas Sosial Provinsi Banten melakukan kegiatan Unit Pelayanan Sosial Keliling (UPSK) bagi penyandang disabilitas guna mendeteksi dini kecacatan di wilayah Kota Cilegon. Dalam kegiatan ini, sebanyak 100 orang mengikuti kegiatan UPSK di Aula Dinas Sosial Kota Cilegon, Rabu (31/8)

Kepala Dinas Sosial Provinsi Banten, Ino S Rawita menjelaskan, program UPSK ini merupakan program rutin setiap tahun. “Bahkan kita akan tingkatkan setiap tahunnya, karena yang membutuhkan sangat banyak. Dan masyarakat sangat antusias mengikuti kegiatan ini,” katanya ketika ditemui di lokasi kegiatan.

Ia menyayangkan program UPSK ini tidak terlalu dikenal oleh masyarakat umum karena kurangnya ekspos kepada masyarakat. “Bahwa selama ini pemerintah provinsi dengan kabupaten/kota khususnya Dinas Sosial, sudah bekerja sama dengan baik dan erat untuk menanggani permasalahan sosial sehingga masyarakat benar-benar terlayani, ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kota Cilegon Abadiyah mengatakan, bahwa jumlah penyandang disabilitas di Kota Cilegon ada kenaikan walaupun tidak begitu signifikan.

“Selama ini para penyandang disabilitas selalu kita perhatikan, sekarang ada pengobatan gratis dan bantuan sebagai bentuk perhatian kita. Dan kami berharap agar para penyandang disabilitas tidak merasa diasingkan dan dikecilkan”, tandasnya. (Farid W)