Dewan Desak Pembangunan Puspemkab Serang

0
561 views
Suasana rakor DPRD Kabupaten Serang bersama DPKPTB membahas Puspemkab di ruang paripurna DPRD Kabupaten Serang, Kamis (25/7). Foto Rozak/Radar Banten

SERANG – Anggota DPRD Kabupaten Serang mendesak Pemkab Serang segera menyelesaikan pembebasan lahan Pusat Pemerintahan Kabupaten (Puspemkab) Serang di Kecamatan Ciruas. Hal itu agar Puspemkab Serang bisa segera dibangun.

Sekadar diketahui, pembebasan lahan di kawasan Puspemkab sampai saat ini belum rampung. Dari kebutuhan lahan lebih dari 50 hektare, seluas 20 hektare lahan di antaranya belum dibebaskan sehingga menghambat pembangunan Puspemkab.

Kemarin (25/7), Komisi IV DPRD Kabupaten Serang menggelar rapat koordinasi dengan jajaran Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Tata Bangunan (DPKPTB) Kabupaten Serang yang dipimpin langsung Kepala DPKPTB Irawan Noor. Hadir Wakil Ketua DPRD Kabupaten Serang Gembong R Sumedi dan pimpinan komisi DPRD, antara lain Ketua Komisi IV DPRD Masrori, Ketua Komisi I DPRD Muhammad Novi, Ketua Komisi III DPRD Mansur Barmawi, dan sejumlah anggota DPRD lain.

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Serang Masrori mengatakan, Puspemkab menjadi bagian dari program prioritas Pemkab Serang yang tertuang pada rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD). Namun, proses pembangunannya sampai saat ini belum ada perkembangan. “Di RPJMD juga tertuang, Kabupaten Serang harus mempunyai gedung baru di Ciruas walaupun baru beberapa,” katanya.

Lantaran itu, Masrori mendesak, Pemkab Serang segera menyelesaikan persoalan lahan yang belum dibebaskan sampai akhir tahun ini. Hal itu agar pembangunan fisik di kawasan proyek Puspemkab bisa segera dilaksanakan pada 2020. “Paling tidak tahun ini persoalan lahan sudah diselesaikan,” desak politikus Partai Amanat Nasional (PAN) ini.

Masrori juga mengatakan, pihaknya akan mendorong Pemkab Serang mengalokasikan anggaran untuk pembangunan Puspemkab melalui Badan Anggaran (Banggar) DPRD. Pembahasan soal Puspemkab juga, kata Masrori, akan dibawa kepada Bupati dan Wakil Bupati untuk ditanggapi serius. “Nanti kita juga akan datangi BPN (Badan Pertanahan Nasional-red) terkait pembebasan lahan Puspemkab,” ujarnya. (Rozak/RBG)

Saksikan juga di Banten Raya TV pada program SELAMAT PAGI BANTEN (07.00 WIB), BANTEN SIANG (13.00 WIB), BANTEN PETANG (17.00 WIB) dan BANTEN MALAM (21.00 WIB) di channel 50 UHF/702 MHz, atau melalui streaming www.barayatv.com/live