Dewan Komitmen Perjuangkan Aspirasi Ulama Lebak

Ketua DPRD Lebak Dindin Nurohmat

LEBAK – Pimpinan dan anggota DPRD Lebak komitmen akan meneruskan dan memperjuangkan aspirasi Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang menolak Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP). Bahkan, Dewan Lebak siap berada di garda terdepan untuk menjaga Pancasila sebagai ideologi bangsa.

Ketua DPRD Lebak Dindin Nurohmat mengatakan, aspirasi ulama Lebak selaras dengan sikap dirinya yang menolak RUU HIP. RUU HIP harus dicabut dari program legislasi nasional karena berpotensi membangkitkan ideologi komunis dan ideologi lain yang bertentangan dengan Pancasila.

“RUU HIP telah menimbulkan keresahan di kalangan ulama dan masyarakat. Bahkan, RUU ini akan mendegradasi ideologi Pancasila yang menjadi ideologi bangsa dan negara kita,” kata Dindin Nurohmat kepada Radar Banten, Senin (29/6).

Ditanya terkait keluhan Ketua MUI Lebak yang tidak direspons pimpinan dewan, Dindin menyampaikan permohonan maaf kepada para ulama, khususnya Ketua MUI Lebak KH Pupu Mahpudin. Dia mengaku, baru menerima surat dari MUI pada Senin pagi, yakni ketika di perjalanan menuju luar kota. Karena itu, surat tersebut belum terdisposisi ke pimpinan yang lain.

“Rencananya saya akan menemui Ketua MUI Lebak untuk membahas terkait pernyataan sikap ulama Lebak. Ini bentuk takzim saya dan pimpinan Dewan terhadap para ulama,” ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, ulama Lebak menggelar deklarasi menolak pembahasan RUU HIP. RUU tersebut berpotensi membangkitkan paham komunis dan paham lain yang membahayakan ideologi Pancasila. Setelah deklarasi, para ulama berencana akan langsung menemui wakil rakyat. Tapi surat yang disampaikan tidak direspons sehingga membuat para ulama kecewa. (Mastur)