Dewan Minta Musrenbang Jangan Hanya Dijadikan Formalitas

Musrenbang Lebak
Puluhan perangkat desa saat mengikuti Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) di kantor Kecamatan Malingping, kemarin. (Foto: Yudha)

CIJAKU – Anggota DPRD Lebak asal daerah pemilihan (dapil) Lebak Selatan (Baksel) Uat Harianto meminta kepada Pemkab Lebak untuk memprioritaskan usulan pembangunan yang diusulkan dalam musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang). Jangan sampai kegiatan musrenbang hanya kegiatan formalitas belaka yang tidak ada hasilnya. “Saya harap usulan dalam musrenbang di tingkat kecamatan ini menjadi skala prioritas pembangunan,” kata Uat usai mengikuti musrenbang di kantor Kecamatan Malingping kepada Harian Radar Banten, Selasa (16/2/2016).

Ia menilai, skala prioritas pembangunan yang direalisasikan untuk wilayah Baksel dari APBD Lebak masih belum maksimal. Padahal, wilayah Baksel yang meliputi sepuluh kecamatan merupakan penyumbang pendapatan asli daerah (PAD) cukup besar. “Saya harap pada penganggaran tahun 2017 alokasi dana dari APBD untuk wilayah Baksel dimaksimalkan. Kita di legislatif akan terus mendorong hal itu,” paparnya.

Sementara itu, Camat Malingping Sukanta mengatakan bahwa musrenbang tahun 2017 masih didominasi usulan bidang infrastruktur jalan, disusul bidang ekonomi, sosial, dan budaya. Ia membeberkan, hampir 60 persen usulan hasil musrenbang di wilayahnya terealisasi. Untuk tahun 2016, anggaran dari APBD Lebak yang digelontorkan ke wilayahnya mencapai sekira Rp 19 miliar. “Anggaran itu terbagi atas tiga bidang pembangunan infrastruktur dan sarana prasarana, sosial dan budaya, serta bidang sosial dan pendidikan,” kata Sukanta.

Di antara usulan musrenbang yang akan direalisasikan tahun ini, yakni penataan Alun-alun Malingping, pembangunan jalan, dan lainnya. “Penataan alun-alun tahun ini dilaksanakan nilainya sekira Rp 900 juta,” tandasnya. Seperti diketahui, kemarin ada sejumlah kecamatan di wilayah Baksel yang menggelar musrenbang, di antaranya Kecamatan Malingping, Cijaku, dan Banjarsari. (RB/duy/sr/dwi)