CILEGON – Meski dengan berat hati, Dewi Lesmawati menyerahkan seekor monyet ekor panjang yang telah dirawatnya selama belasan tahun ke Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Barat Wilayah Serang.

Warga Lingkungan Jombang Masjid, RT 03 RW 12, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon ini berharap monyet yang bernama Bopi ini akan lebih baik jika berada di habitat asalnya.

“Saya serahkan karena saya tidak ingin menelantarkan hewan kesayangan mendiang suami saya ini,” ujarnya saat ditemui sejumlah wartawan di halaman rumahnya, Senin (5/2).

Dewi mengungkapkan, Bopi telah dipelihara oleh keluarganya selama lebih kurang lima belas tahun. Kali pertama Bopi dibawa oleh mendiang suaminya ke rumah sejak monyet ekor panjang itu baru berumur dua bulan.

“Sekarang suami saya sudah meninggal, jadi khawatir tidak akan terurus seperti dulu. Apalagi kami mau pulang kampung ke Jawa, lebih baik di kembali ke alam liar dengan mendapat pengawasan dari petugas BKSDA,” ucapnya. 

Petugas BKSDA Jabar Wilayah Serang Uday Udaya mengatakan pihaknya mengetahui ada warga yang hendak menyerahkan monyet ekor panjang tersebut dari informasi yang ia peroleh dari pihak Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kota Cilegon.

“Katanya ada monyet ekor panjang ingin diserahkan, jadi kita datang kesini untuk mengamankannya. Meski hewan Ini tidak termasuk hewan yang dilindungi tapi tetap  ini hewan liar jadi harus dilepas liarkan,” tuturnya usai mengevakuasi monyet di lokasi.

Uday memastikan sebelum monyet ekor panjang itu dilepasliarkan oleh petugas ke Kawasan Hutan Lindung di Rawa Danau Kabupaten Serang, pihaknya akan memberikan suntik rabies terlebih dahulu. (Riko Budi Santoso/rikosabita@gmail.com)