Dharma Wanita Persatuan Diharapkan Dukung Program Pemerintah

0
238
Sekda Banten Ranta Soeharta

SERANG – Dharma Wanita Persatuan diharapkan dapat mendukung program strategis bidang pendidikan, kesehatan, dan ekonomi yang terus digulirkan pemerintah pusat dan daerah,  dalam meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat. Hal tersebut dikatakan Sekretaris Daerah (Sekda) Banten Ranta Soeharta saat membuka Rapat Kerja Daeah (Rakerda) Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Banten tahun 2017 di gedung KORPRI Banten, Kota Serang, Selasa (19/9).

Menurut Ranta, peran strategis yang melekat dengan perempuan membawanya pada tuntutan untuk mampu mengembangkan kapasitasnya agar semakin berdaya

“Kaum wanita itu sendiri harus berdaya, semua pihak harus mendorong kaum wanita untuk mengambil peran, atau kontribusinya dalam pembangunan, yang hasil pembangunan itu nantinya dapat dinikmati oleh semua pihak,” ujar Ranta.

Menurutnya, sinergitas yang dibangun antara Dharma Wanita Persatuan dengan Pemprov Banten diyakini mampu membawa perubahan positif bagi pembangunan daerah.

“Banyak hal yang harus kita lakukan, saya mengapresiasi Rakerda ini. Rakerda ini sangat penting untuk menghasilkan program dan agenda kerja yang semakin konstruktif bagi eksistensi organisasi dan terpenting bagi masyarakat,” ucapnya.

Ranta  pun menekankan agar organisasi Dharma Wanita Persatuan dalam menyusun program kerja ke depan jangan terlalu muluk-muluk, tetapi buatlah program yang realistis yang sederhana, mudah dilakukan dan menyentuh perbaikan kualitas harkat derajat masyarakat khususnya kaum wanita.

“Sekali lagi saya menekankan jangan muluk-muluk buat programnya, jangan banyak-banyak, yang penting bisa mengangkat derajat, wanita, anak-anak kita yang kurang mampu,” ucap Sekda.

Dharma Wanita Persatuan ini, kata Ranta harus bisa tetap eksis membina dan memperkukuh tali silaturhmi, rasa persatuan dan kesatuan di antara sesama anggota Dharma Wanita, Organisasi-organisasi wanita baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota se-Banten.

Selain itu juga, lanjutnya, bagaimana organisasi ini lebih menyusun program kepada upaya-upaya untuk meningkatkan kemampuan keterampilan pengetahuan dan menjalin kerja sama  dengan berbagai pihak, terlebih Dharma Wanita lebih memberikan perhatian program-program kepedulian dan kepekaan sosial.

“Pemprov punya program, Dharma Wanita bisa masuk program di kesehatan, membantu Dinkes dalam sosialisiasi kanker serviks, kekurangan gizi, pemasungan, kaki gajah, angka lama sekolah. Mari menggunakan hati kita sebagai seorang istri-istri pejabat,” ungkap Sekda yang juga penasehat DWP Provinsi Banten.

Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Banten Nani Ranta Soeharta mengatakan, tujuan Rakerda Dharma Wanita Persatuan dilaksanakan untuk membahas dan mengkoordinasikan pelaksanaan program kegiatan Dharma Wanita sesuai dengan kebijaksanaan organisasi yang telah ditetapkan.

“Dengan adanya Rakerda ini diharapkan kita dapat mengevaluasi kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan serta menyusun program untuk tahun depan, dengan kegiatan yang betul-betul menyentuh kepentingan anggota Dharma Wanita untuk meningkatkan kualitas diri dan keluarga serta masyarakat,” ujarnya. (Bayu Mulyana/coffeandchococake@gmail.com)