Di Hadapan Gubernur Anies, WH: Jakarta Tidak akan Berbuat Banyak Tanpa Banten

SERANG – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hari ini mendatangi Pemerintah Provinsi Banten. Kedatangan orang nomor satu di Jakarta tersebut untuk menghadiri serah terima jabatan kepengurusan Badan Kerja Sama Provinsi (BKSP) Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Cianjur (Jabodetabekjur) dari Banten kepada Jakarta.

Dalam kesempatan yang juga dihadiri oleh perwakilan Provinsi Jawa Barat dan sejumlah kepala daerah di tiga provinsi tersebut, Gubernur Banten Wahidin Halim menuturkan, kerjasama ini sangat penting bagi tiga daerah yang bertetangga tersebut.

Bahkan, pria yang akrab disapa WH tersebut menilai DKI Jakarta sebagai ibu kota negara tidak akan berbuat banyak tanpa Provinsi Banten dan Jawa Barat.

“Kerja di Jakarta, tinggalnya di Tangerang, pabriknya di Banten tapi kantornya di Jakarta, sehingga pajaknya masuk ke Jakarta. Jadi Jakarta tidak akan berbuat banyak tanpa Banten begitu juga sebaliknya, Jakarta tidak akan berbuat banyak tanpa Jawa Barat begitu juga sebaliknya,” kata WH saat menyampaikan sambutannya di pendopo Gubernur Banten KP3B, Kecamatan Curug, Kota Serang, Senin (8/1).

WH menilai tiga provinsi ini bisa saling kontribusi dan kerjasama untuk masyarakat di masing-masing provinsi. Karena itu melalui BKSP hubungan antar daerah harus terus kuat.

Mantan Walikota Tangerang tersebut melanjutkan, BKSP bukan hal yang baru baginya, dia pun melihat saat ini hubungan antar tiga provinsi melalui BKSP mulai mengendur.

“Bahkan saat Gubernur Jakarta Basuki Tjahaya Purnama, menilai BKSP tidak efektif. Yang telah disepakati, tapi tidak disepakati dalam praktiknya. Masing-masing daerah sibuk mengurusi daerah masing-masing, sehingga komunikasi semakin mengendur, itu jangan sampai terulang lagi,” katanya.

Banten lanjut WH, sekarang sudah terbentuk provinsi, lepas dari Jawa Barat, dan Banten punya potensi luar biasa. “Kita sudah siap bendungan Karian, saya kira untuk mencukupi air Jakarta kita siap. Pertanian sekarang jutaan hektare, lahan pertanian akan kita optimalkan, jadi Jakarta gak perlu lagi kerjasama dengan Sulawesi Selatan, dengan kita aja,” papar WH.

Selain itu, lanjut WH, Banten pun tengah terus membangun infrastruktur, membangun kesehatan, membangun perekonomian. “Kami pembeli tapi kami juga akan menjadi penjual. Jadi spiritnya bukan bersaing, tapi mementingkan rakyat,” pungkasnya. (Bayu Mulyana/coffeandchococake@gmail.com)