Di KPU Kabupaten Serang Juga Belum Ada Partai yang Daftar Pemilu 2019

0
110
KPU
Ilustrasi/Inet

SERANG – Partai politik di Kabupaten Serang diketahui belum satupun yang mendaftar untuk menjadi peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mendatang ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Serang.

Meski sudah dibuka sejak 3 Oktober, setidaknya hingga kemarin belum ada satu partai pun mendaftar.

Kordiv Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Panwaslu Kabupaten Serang Abdurrohman mengatakan, berdasarkan dokumen listing yang diunduh dari Sistem Informasi Aplikasi Partai Politik (SIPOL) KPU RI, dan dokumen yang dipegang KPU Kabupaten Serang, menurut Rohman, parpol calon peserta Pemilu tahun 2019 sebanyak 73 parpol sedangkan yang mengikuti ujicoba Sistem Informasi Aplikasi Partai Politik (SIPOL) di KPU RI yang hadir sebanyak 34 partai politik.

“Kita tindaklanjuti dengan menghubungi sekretariat partai politik yang 73 di atas, untuk mengkonfirmasi keberadaan pengurus parpol di tingkat kabupaten Serang, baru 20 parpol yang merespon,” ujarnya, Jumat (6/10).

Pendaftaran peserta Pemilu 2019 sendiri akan dibuka hingga 16 Oktober mendatang. Namun menurutnya, banyaknya parpol calon peserta Pemilu 2019, Panwaslu Kabupaten Serang memperkirakan dengan sisa waktu yang dimiliki akan ada penumpukan proses pendaftaran dari parpol calon peserta Pemilu yang berakibat kurang efisien dan efektifnya waktu bagi KPU Kabupaten Serang untuk menerima, memverifikasi serta menginput dokumen persyaratan parpol calon peserta Pemilu 2019.

Karena itu, Panwaslu Kabupaten Serang mengimbau kepada partai untuk segera mengirimkan dokumen persyaratan parpol calon peserta Pemilu 2019 kepada KPU Kabupaten Serang lebih awal dari batas waktu yang telah ditentukan yaitu tanggal 16 Oktober 2017 dengan kelengkapannya. (Bayu Mulyana/coffeandchococake@gmail.com)