Di Luar DPT, Masih Ada Sekitar 88.000 Pemilih Tambahan di Pilgub Banten

0
318 views

CILEGON – Hasil rekapitulasi daftar pemilih tetap (DPT) di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten Tahun 2017 telah ditetapkan. Namun di antara itu, masih tersisa puluhan ribu pemilih yang belum terdata lantaran belum memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El).

“Ada 88.000 pemilih yang belum memiliki kartu elektronik (KTP-El). Nantinya mereka akan mendapatkan surat keterangan yang akan dikeluarkan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Masuknya pemilih tambahan,” kata Ketua KPU Provinsi Banten, Agus Supriatna, seusai acara rapat pleno rekapitulasi dan penetapan DPT yang berlangsung di salah satu hotel di Kota Cilegon, Kamis (8/12).

Dijelaskan Agus, jumlah pemilih tambahan di Pilgub Banten telah jauh menurun jika dibandingkan saat Pemilihan Presiden lalu. Pemilih tambahan diperbolehkan memilih salah satu pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Banten dengan syarat menunjukan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El).

“Dulu pemilih tambahan yang masuk daftar pemilih sementara sekitar 800.000 orang. Sekarang sudah jauh menurun dengan kisaran 88.000. Pemutakhiran data kita lakukan karena ada pemilih yang meninggal, pindah, dan yang tidak jelas,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Provinsi Banten, Pramono U Tanthowi meminta agar DKCS tidak memberikan surat keterangan untuk pemilih tambahan kepada warga yang belum melakukan perekaman KTP-El. “Surat keterangan itu kan bukan hanya untuk kepentingan di Pilgub tapi juga untuk administrasi kependudukan. Jadi dari jauh hari, sejak dua kali rakor dengan Disdukcapil Kabupaten Kota, sudah kita ingatkan bahwa tidak boleh surat keterangan itu diberikan dengan orang yang belum melakukan perekaman. Teman-teman Panwas akan mengawasi itu,” katanya. (Riko)