PIHAK Suzuki Ecstar mengakui momentum kebangkitannya selama MotoGP 2018 setelah pada 2017 sempat turun, akan terus dipertahankan hingga musim ini, tak terkecuali kemampuan motor GSX-RR.

Manajer tim Suzuki Ecstar Davide Brivio menyatakan bahwa persiapan tim musim ini hanya tinggal mempertahankan tren positif pada 2018 saja dan untuk motor hanya akan mengubah mesin dan sasis.

“Kami tak ingin kehilangan hasil baik di musim 2019, Suzuki mengubah mesin dan sasis. Secara penampilan GSX-RR memang tidak berubah,” tegas dia.

”Kami tidak memiliki sepeda motor baru untuk 2019,” lanjut Brivio. ”Tetapi kami telah mengembangkan elemen penting, mesin dan sasis. Versi baru mesin telah kami uji, mesin yang didesain lebih bertenaga dan cepat.”

Hasil pengembangan mesin terbaru itu ternyata sudah sempat dites pada saat seri Motegi 2018 yang dikendarai Sylvain Guintoli, sementara Alex Rins mencobanya di Valencia dan Joan Mir di Jerez. Sasis baru pun yang terdiri dari 4 prototipe telah diuji bersamaan dengan mesin.

Sepanjang MotoGP 2018, Suzuki berhasil membukukan 9 kali podium. Capaian tersebut jelas menjadi peningkatan baik bagi tim dibanding musim 2017. (mg8/jpnn)