Di Popda Tim Basket Kabupaten Serang Siap Buat Kejutan

Atlet baskat putra pelajar Kabupaten Serang ketika mengikuti salah satu kompetisi tingkat pelajar Banten, beberapa waktu lalu. Foto: Dok. Radar Banten

SERANG-Tim basket putra putri pelajar Kabupaten Serang siap membuat kejutan pada Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) IX Banten 2018 yang akan dilaksanakan di Kabupaten Tangerang pada 4-11 Mei mendatang. Untuk memuluskan target di popda, Pengurus Cabang (Pengcab) Persatuan Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Kabupaten Serang telah mempersiapkan tim secara optimal.

Sekretaris Umum Pengcab Perbasi Kabupaten Serang, Aat Supriyadi mengatakan, pada Popda VIII Banten 2016 di Pandeglang, timnya gagal menuai prestasi memuaskan. Meski begitu, timnya enggan menjadi pelengkap pada popda tahun ini. Pihaknya akan menurunkan atlet-atlet basket pelajar terbaik yang dimiliki Kabupaten Serang saat ini.

“Walaupun atlet-atlet kami masih SMP, tapi mereka tidak gentar dan siap bertanding. Secara kemampuan dan kualitasnya sudah sangat mumpuni dan teruji. Atlet-atlet kami juga telah berlatih secara intensif sejak beberapa bulan yang lalu,” kata Aat kepada Radar Banten, Rabu (18/4).

Aat menambahkan, saat ini timnya tengah menjalani program latihan yang masih dilakukan secara terpisah. Untuk tim putra berlatih di SMPN 1 Baros dengan ditukangi oleh Tubagus Riski, sedang tim putri berlatih rutin di SMAN 1 Ciruas dan Ponpes Assa’adah Pamarayan yang dibesut langsung kepala pelatih Rio Mulyawan. “Untuk tempat latihan memang masih terpisah, karena kami belum melakukan pemusatan latihan secara sentralisasi. Mungkin sekitar akhir April ini baru dilakukan sentralisasi. Nunggu perintah Disporapar Kabupaten Serang,” imbuhnya.

Sementara itu, Pelatih Tim Basket Putri Rio Mulyawan menyatakan, jumlah atlet basket yang masih ditangani olehnya sebanyak 20 pemain. Namun ke depan pihaknya akan melakukan penyusutan skuat mengingat kuota yang dibutuhkan hanya 15 pemain. “Kita hanya butuh 15 pemain saja. Jadi nanti akan dirampingkan lagi sesuai kebutuhan tim. Tapi sekarang ini 20 atlet tersebut masih latihan bersama di SMAN 1 Ciruas dan Ponpes Assa’adah,” ucapnya.

Untuk program latihan, lanjutnya, saat ini timnya fokus pada tahap peningkatan daya tahan dan strategi pertandingan. “Program latihannya sudah memasuki tahap khusus. Pekan depan kami sudah mulai memasuki pra kompetisi yang mana lebih banyak dalam mengolah taktik dan strategi. Lebih banyak game lah agar terjadi peningkatan kualitas atlet di sisi skill, kerja sama, dan kekompakan,” tandas Rio. (dre/ibm/ags/RBG)