Di RT 03 Ciemas Raya Sumurputat, Sampah Plastik Jadi Hiasan

CIPOCOK JAYA – Warga RT 03 RW 02, Lingkungan Ciemas Raya Sumurputat, Kelurahan/Kecamatan Cipocok Jaya, memanfaatkan sampah bekas kemasan minuman menjadi hiasan spot foto. Salah satu bentuk kegiatan pengelolaan sampah dengan 3-R. Reduce, reuce, recycle.

Persiapan RT 03 menghadapi penilaian tahap dua Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020, Agustus ini, terus dilakukan. Akses jalan di kampung ini telah diwarnai dan dihias dengan cat serta dihijaukan. Meskipun jalan di RT ini aktif 24 jam dan berlubang di beberapa titik.

Ketua RT 03 Nawawi mengatakan, selain jalanan di kampungnya berdebu, tanaman juga sering mati karena dimakan kambing. Makanya, ia mengimbau warganya agar selalu merawat tanaman dan mewaspadai kambing yang diliarkan.

”Kami juga memanfaatkan sampah jadi hiasan,” kata Nawawi kepada Radar Banten, Kamis (13/8).

Ada dua jenis sampah yang dimanfaatkan. Pertama, sampah bekas kemasan minuman dijadikan spot foto berbentuk love yang dicat warna biru dan pink.

”Ini udah agak rusak kena hujan. Nanti kita perbaiki lagi,” ujar Nawawi saat menunjukkan spot foto di kampungnya.

Kedua, ember bekas untuk pot tanaman. Sebelum digunakan, ember dicat dulu. Pot tanaman dari ember bekas ini ditata di pinggir jalan.

”Nanti kita bakal tambah lagi penghijauan dan pengecatan ulang di jalan,” terang Nawawi.

Tanaman bunga telah dipersiapkan oleh warga RT ini. Saat ini, masih disimpan di pekarangan rumah warga lantaran khawatir dirusak oleh kambing.

Rencananya, tanaman bunga akan dikeluarkan dan dipajang di pinggir jalan ketika penilaian tahap dua dilaksanakan. ”Semoga kita dapat juara,” harapnya.

Soal legalitas pembentukan kelompok pemuda penggerak lingkungan dan kelompok sadar hukum RT 03, Nawawi mengaku belum mengurusnya. “Nanti segera kami lengkapi, termasuk peralatan keamanan di pos ronda,” ujar Nawawi.

Ahmad Fadil, pemuda RT 03, menyatakan kesiapannya untuk ikut gotong royong menuju penilaian tahap dua. ”Kita selalu siap kalau untuk urusan membenahi kampung,” tegasnya. (mg06/don)