Di RT 03 Cinanggung, Saran Juri Dipenuhi

0
286 views

SERANG – Tim 6 Juri Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020 tak lagi kecewa. Di penilaian tahap kedua sekaligus terakhir, kemarin (31/8), semua saran tim juri dipenuhi oleh pengurus dan warga RT ini. Upaya RT 03 RW 03, Lingkungan Cinanggung, Kelirahan Kaligandu, Kecamatan Serang, untuk berkompetisi dengan RT lain terlihat.

Warga RT 03 sampai menggelar acara penyambutan untuk tim juri. Mereka berseragam. Ibu-ibu dengan baju gamis, berjejer di pinggir jalan masuk RT ini sambil memainkan ketimpringan dengan rebana. Sementara, bapak-bapaknya dengan kemeja batik, menyambut tim juri.

Di tengah penilaian, Agus Priwandono, tim juri perwakilan dari Radar Banten, menanyakan legalitas kelompok sadar hukum dan kelompok pemuda penggerak lingkungan RT 03. ”Keberadaan dua kelompok ini agar ada yang menggerakkan warga untuk lingkungannya dari sisi kebersihan dan keamanan,” kata Agus kepada Ketua RT 03 Fahroni.

Pertanyaan ini dijawab oleh Lurah Kaligandu H Kasmin dan jajarannya. Mereka menunjukkan dua bundel kertas sebagai dokumen berisi pengesahan pembentukan kedua kelompok tersebut di RT 03.

Dari sisi penataan lingkungan, tim juri mengapresiasi perubahan yang terjadi di RT 03. Soalnya, saat penilaian pertama periode 4-15 Mei lalu, kampung ini polos. Warganya tidak mempersiapkan kampungnya untuk menghadapi lomba bergensi antar-RT ini.

Kini, RT 03 telah didekorasi dengan hiasan menggunakan cat. Dan, telah dihijaukan oleh tanaman dan bunga, meskipun belum banyak.

“Penghijauannya belum merata. Kalau di jalan utama lingkungan, saya nilai bagus. Tapi kalau masuk ke dalam, masih banyak rumah-rumah yang belum melakukan penghijauan. Sayang sebetulnya, karena di depan sudah rapat penghijauannya. Dari apotek hidup dan warung hidup juga ada,” ujar Emi Sumiati, juri dari perwakilan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Serang.

Tim juri kembali menyarankan agar pengurus dan warga RT 03 merawat hasil penataan lingkungannya. Bahkan, diminta untuk ditingkatkan. Karena, pada 2021 LRLA akan dilanjutkan. Lomba yang telah menjadi program Pemkot Serang ini menjadi salah satu cara untuk membuat kampung-kampung di Ibukota Provinsi Banten ini tidak kumuh. (rio-don)