Di RT 04 Kemanisanmasjid, Pemagaran Jalan Dimulai

0
512 views

CURUG – H+2 Idul Fitri, Senin (26/5), warga RT 04 RW 02, Lingkungan Kemanisanmasjid, Kelurahan Sukawana, Kecamatan Curug, tancap gas mempersiapkan lingkungannya menuju penilaian tahap kedua Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020. Warga bergotong royong membuat pagar bambu.

Saat Radar Banten mengunjungi perkampungan ini, Selasa (27/5) siang, sejumlah bapak-bapak masih memotong bambu untuk memagari jalan di kampungnya. “Kita mulai gerak lagi dengan pemasangan pagar,” kata Ketua RT 04 Sarta.

Ia menjelaskan bahwa, sebelum membuat pagar, warganya fokus membersihkan lingkungan RT 04 dari sampah. Sebab, saat penilaian tahap pertama, sampah masih berserakan. Ada yang menumpuk di selokan, ada yang di pinggir jalan. “Sekarang sih sudah bersih dan bebas sampah,” ujar Sarta. 

Dijelaskan Sarta, banyak saran yang disampaikan tim juri kepada pengurus dan warga. Di antaranya,  RT 04 masih kurang penghijauan, kurang tanaman bunga, kurang rapi, dan minim alat keamanan di pos ronda. “Setelah pagar terpasang, baru kami lakukan penghijauan,” jelasnya.

Pagar bambu, rencananya akan dipasang di pinggir jalan sepanjang 400 meter. Warga akan swadaya untuk melaksanakannya. “Alhamdulillah, partisipasi warga sangat aktif baik dalam hal materi maupun tenaga,” ungkap Sarta.

Warga RT ini juga akan menanam pohon cabai, tomat, dan pucuk merah di pinggir jalan. Dengan itu, warga berharap, jalan lingkungannya hijau dan rapi. “Saat ini, pemuda sedang melengkapi alat keamanan di pos ronda dan mengurus pembuatan kelompok sadar hukum dan sadar lingkungan,” ujar Sarta.

Lurah Sukawana Uyeh Susanto optimistis, RT 04 bisa meraih juara. Dasarnya, warga RT ini dinilai kompak. RT 04 dianggap potensial mendapatkan, meskipun penataannya dari nol.

“Jadi, bakal kerasa banget perubahannya. Juri pasti kaget melihat perubahan kondisi lingkungan di sini (RT 04-red) nanti,” pungkas Uyeh. (mg06/don)