Di RW 02, Limbah Tas Jadi “Bunga”

0
404 views

PETIR – Daur ulang sampah nonorganik menjadi barang yang lebih bermanfaat ditunjukkan oleh warga Kampung Rego Secang, RW 02, Desa Padasuka, Kecamatan Petir. Limba tas yang telah diubah menjadi “bunga” ini dijadikan penghias di pinggir jalan di kampung ini.

“Di kampung kami ada beberapa warga yang konveksi tas. Biasanya, bahan sisa tas itu langsung kami buang, tapi sekarang kami manfaatkan lagi, dibentuk sama ibu-ibu jadi bunga dan disebar di sekitar kampung. Fungsinya hanya untuk pemanis penghijauan saja,” kata Muhammad Arif yang ditunjuk sebagai penggerak warga Kampung Rego Secang.

“Bunga-bunga” itu memang disisipkan di antara tanaman yang menjadi penghijauan di jalanan kampung ini. Jalan paving block di RW 02 juga telah dicat. Menambah ragam warna di kampung ini sebelum penilaian tahap dua Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020 dimulai pada 30 November nanti.

“Tanaman kami sudah banyak, karena rata-rata ibu-ibu di sini suka memelihara tanaman. Perkiraan saya, penataan kami tinggal 20 persen lagi. Semoga waktu seminggu cukup untuk kami mempersiapkan diri menghadapi penilaian kedua,” harap Arif.

Fathurohman, warga Kampung Rego Secang, mengakui jika persiapan kampungnya yang belum rampung adalah pemasangan pagar. “Tempat pembuangan sampah juga masih terus dikerjakan,” ujarnya.

Semangat ibu-ibu kampung ini, diakui sebagai antusiasme warga menyambut LKBA. Warga, ungkap Fathurohman, tengah mempersiapkan acara penyambutan untuk juri saat penilaian tahap dua.

Beberapa ibu-ibu masih latihan keketrokan, kesenian tradisional berupa tetabuhan dari lesung dan alu. “Itu (keketrokan-red) akan menjadi salah satu penampilan warga ketika juri datang. Ibu-ibu sudah berlatih selama satu minggu terakhir,” terang Fathurohman. (rio/don)