Di Tangerang, Satu Sapi Dibikin 100 Paket

0
238 views
Sekretaris Pelaksana Kurban Masjid Raya Al-Azhom Felix Mulyawan (kiri) meninjau penerimaan hewan kurban di pelataran Masjid Al-Alzhom, kawasan Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Jumat (9/8). Foto Alwan/Radar Banten.

TANGERANG – Hari Raya Idul Adha tinggal sehari lagi. Di masjid Agung Al-Amjad Pusat Pemerintahan Kabupaten (Puspemkab) Tangerang, Tigaraksa, hingga Jumat (9/8) sudah ada tujuh hewan untuk dikurbankan, besok (11/8). Hewan-hewan kurban tersebut berasal dari sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Tangerang.

Pengurus Dewan Kesejahteraan Masjid (DKM) Al-Amjad Puspemkab Tangerang Sanwani mengatakan, tujuh hewan kurban itu terdiri dari enam sapi dan satu kambing. “Enam sapi terkumpul dari Pemkab Tangerang, DPRD, Dinas Tata Ruang dan Bangunan (DTRB), Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Bappeda, RSUD dan satu ekor kambing dari perorangan,” katanya, Jumat (9/8).

Sanwani menerangkan, tahun ini jumlah hewan kurban meningkat. Tahun lalu hanya sekira dua atau tiga ekor. Sementara, tahun ini tercatat dua kali lipat dan akan terus bertambah. “Alhamdulillah tahun ini bertambah, kami juga sudah bekerjasama dengan Bupati agar OPD bisa berkurban tingkat kabupaten di Al-Amjad. Kami masih tunggu, mudah-mudahan akan ada penambahan lagi,” terangnya.

Hari kurban tahun ini, pihaknya menargetkan daging yang terkumpul mencapai 10 sapi atau 1.000 kantong daging yang akan dibagikan kepada 1.000 warga sekitar masjid. “Nantinya daging tersebut akan dibagikan kepada warga yang mencakup di enam desa. Desa itu adalah Desa Margasari, Desa Kaduagung, sebagian warga Kelurahan Tigaraksa, Desa Sodong, dan Kutruk. Sisanya akan dibagikan kepada warga yang terdekat dengan masjid dan jamaah yang tak terduga,” pungkasnya.

Sementara itu, Sekretaris Pelaksana Kurban Masjid Raya Al-Azhom Felix Mulyawan mengatakan, hingga Jumat (9/8) siang sudah terkumpul 30 sapi dan 3 kambing untuk hewan kurban. “Untuk persiapan kurban sudah dilakukan dari sebulan yang lalu, mulai dari tahap pemberitahuan, persiapan rumah jagal hingga lokasi yang bakal digunakan untuk menaruh hewan kurban,” ungkapnya.

Kata Felix, tahun lalu hewan kurban yang disembelih di masjid yang berada di depan Puspem Kota Tangerang ada 35 sapi dan 5 ekor kambing. “Untuk tahun ini kami yakin bisa mencapai 35 sapi, dan kambing juga lebih banyak dari tahun lalu,” jelas Kabag Kesra itu.

Untuk penyaluran, lanjut Felix, panitia bakal membuat kupon yang jumlahnya disesuaikan dengan hewan kurban yang ada. Ia juga memastikan penyaluran daging kurban pada warga sekitar akan berjalan aman dan tertib. “Mereka tidak lagi mendekat di area pemotongan hewan kurban, jadi mereka antre di gedung MUI. Penyalurannya juga diamankan oleh Satpol PP, TNI dan Polri,” pungkas mantan Kabag Humas Pemkot Tangerang itu. (one/mg-04/asp)