Di Usia yang Sama, Ronaldo Tak Lebih Hebat dari Mbappe

Kylian Mbappe memiliki ukiran statistik yang lebih elok saat seusia Cristiano Ronaldo. (Marca)

KYLIAN Mbappe disebut sebagai calon suksesor Cristiano Ronaldo yang ideal bagi Real Madrid. Dalam hal statistik, Mbappe jauh mengungguli Ronaldo dalam usia yang sama.

Real Madrid pun masih ngotot memboyong talenta muda AS Monaco tersebut setelah Ronaldo diisukan ingin hengkang dari Santiago Bernabeu. Real Madrid akan mempersiapkan Mbappe sebagai pengganti Ronaldo meski tentunya tidak instan.

Namun, Mbappe sudah punya modal untuk memburu prestasi Ronaldo. Setidaknya jika melihat statistik kedua pemain ketika berada dalam usia yang sama.

Mbappe memulai debut profesional pada usia 16 tahun dan 11 bulan sedangkan Ronaldo tampil perdana di Liga Champions bersama Sporting CP saat berumur 17 tahun dan 6 bulan. Gol pertama Mbappe tercipta ke gawang Troyes di Ligue 1 pada usia 17 tahun dan 2 bulan. Ronaldo, mencatatnya pada umur 17 tahun dan 8 bulan saat melawan Moreirense.

Ronaldo tak mampu mencetak gol pertama di Liga Champions sebelum berusia 20 tahun. Sementara, Mbappe sudah meraihnya saat berumur 18 tahun dan 2 bulan kala Monaco bertemu Manchester City di Stadion Etihad. Hingga kini, dalam usia 18 tahun dan 6 bulan, Mbappe sudah mengoleksi 6 gol di Liga Champions.

Mbappe pun sampai saat ini sudah mengoleksi 60 penampilan, dua bersama Timnas Prancis. Sementara, Ronaldo dalam usia yang sama baru tampil 31 kali di level profesional. Mbappe juga berusia tiga bulan lebih muda dari Ronaldo saat melakoni debut internasional bersama Les Bleus.

Dengan statistik tersebut, agaknya Real Madrid cukup tepat memilih Mbappe sebagai calon suksesor Ronaldo yang diisukan akan hengkang pada musim panas ini. Namun, tentu butuh waktu bagi Mbappe untuk berkembang menjadi pesepak bola terbaik dunia seperti Ronaldo. (ira/JPG)